COMMUNICATION WORKSHOP BUILDING STRATEGI – SNV

Kaukus Perempuan POWER UP Peduli Bencana Gempa Lombok Timur dan Lombok Utara
2 August 2018
Daftar Donatur untuk kegiatan Respon Bencana Gempa Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Utara
28 September 2018

Pada tanggal 24 – 28 Juli 2018, SNV mengadakan Communication Workshop Building Strategi di Hotel ASA Larantuka – Flores Timur yang diikuti oleh mitra SNV diantaranya KONSEPSI, TRANSFORM, Bengkel APPEK, Ayo Indonesia dan YPPS selaku tuan rumah. Kegiatan workshop ini difasilitasi oleh PENALA sekaligus sebagai narasumber.

Tujuan kegiatan workshop ini adalah untuk menyusun strategi komunikasi bagi masing – masing mitra SNV terkait dengan program dan issu yang berkembang di masing – masing wilayah kerjanya. Melalui workshop ini, mitra SNV diharapkan mampu menghasilkan strategi komunikasi dan mampu menulis opini yang dapat dipublikasikan di media massa serta blog (social media). Secara lebih luas, mitra SNV diharapkan lebih dikenal dan punya pengaruh di dunia luar sehingga menjadi lembaga terpercaya serta mampu menjalin kerjasama dengan lembaga donor, pemerintah maupun swasta.

KONSEPSI sebagai mitra SNV di Kabupaten Lombok Timur yang memfokuskan diri pada  percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lombok, berharap dapat mengembangkan strategi komunikasi yang tepat dengan menyasar kepada SKPD – SKPD di lingkungan Pemda Lombok Timur selaku target program. Diharapkan dengan strategi komunikasi yang tepat, target untuk melakukan percepatan penurunan stunting dapat terinternalisasi dan terintegrasi dalam program kerja  setiap SKPD terkait di lingkungan Pemda Lombok Timur hingga tahun 2023.

Saat ini Propinsi Nusa Tenggara Barat  memiliki prevalensi stunting sebesar 41,6%. Sementara untuk Kabupaten Lombok Timur, angka prevalensi stunting sebesar 43,8%. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata nasional 37,3% (Riskesdas, 2013). Pemerintah sendiri telah berkomitmen untuk mengurangi prevalensi stunting dari 37% menjadi 28% pada akhir 2019 sebagai bagian dari tujuan pembangunan kesehatan dalam Rencana Pembangunan 2015 -2019. Selain itu, Indonesia telah bergabung dan secara aktif berpartisipasi dalam komitmen global SUN (Scaling-Up Nutrition) dalam mengurangi stunting. Agar berhasil mencapai tujuan nasional, Pemerintah Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Timur perlu menerapkan dan mendanai kebijakan dan program terkait keamanan pangan dan gizi yang sesuai.

ORGANETGRAM KONSEPSI

Penulis: Eko Krismantono

#V4CP#KONSEPSI#SNV

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *