Dorong Destana Inklusif, KONSEPSI NTB dan Mitra Samya Berikan Pelatihan Gedsi dalam Penanggulangan Bencana

Dorong Destana Inklusif, KONSEPSI NTB dan Mitra Samya Berikan Pelatihan Gedsi dalam Penanggulangan Bencana

Konsorsium KONSEPSI NTB dan Mitra Samya atas dukungan pendanaan Pemerintah Australia bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia melalui Program SIAP SIAGA memfasilitasi Pelatihan GEDSI dalam Memenuhi Standar Minimum Gender dalam Kesiapsiagaan dan Respon Bencana bertempat di Hotel Puri Indah, Mataram mulai tanggal 5-6 Juli 2022.

Kegiatan ini mengundang sebanyak 27 orang peserta terdiri dari: Lintas OPD dan Pemerintah Desa di 4 desa dampingan yang berada di Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Tengah.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas pemangku kepentingan dan kebijakan serta relawan di berbagai tingkatan baik di level kabupaten hingga desa dalam pengarusutamaan GEDSI dalam kesiapsiagaan dan respon darurat bencana.

Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Provinsi NTB, Sri Sukarni yang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini menegaskan bahwa terlahir sebagai penyandang disabilitas bukan sesuatu yang menjadikan kita pasrah, tetapi disabilitas juga dapat terlibat mengambil peran penting dalam pembangunan, termasuk dalam isu-isu pengurangan risiko bencana.

“Sebagai penyandang disabilitas, kami juga memiliki kebutuhan dan peranan penting dalam siklus manajemen bencana”, tegasnya.

Sejalan dengan hal itu, Husnuzzoni selalu Stering Comitte (SC) Konsorsium KONSEPSI dan Mitra Samya dalam paparannya sebagai narasumber menjelaskan bahwa kelompok perempuan dan disabilitas sering kali menjadi kelompok yang paling rentan ketika terjadi bencana.

“Pengalaman bencana di masa lalu telah membuktikan bahwa perempuan dan disabilitas sering kali menjadi korban saat terjadi bencana”, ucapnya.

Bagikan Tulisan ini:

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Popular

Berita Terbaru

Berlangganan Berita Kami

Jangan lewatkan Update Kegiatan-kegiatan terbaru dari Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!