Exit Strategy Paska Program PSDABM MCA – Indonesia di Lombok Utara dan Lombok Timur

DIALOG STIGMA TABU DAN PRAKTIK KESEHATAN
19 December 2017
RAPAT UMUM ANGGOTA (RUA) KONSEPSI KE VI
8 January 2018

Program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) yang dilaksanakan sejak Juli 2016 oleh KONSEPSI dan Konsorsium KpSHK  dengan didukung oleh MCA-Indonesia di Kabupaten Lombok Timur (Desa Dara Kunci dan Desa Sugian Kec. Sambelia)  dan di Kabupaten Lombok Utara (Desa Santong Kec. Santong) telah berakhir pada 31 Desember 2017.

Telah banyak kegiatan yang dilaksanakan bersama kelompok tani hutan dan kelompok wanita tani di desa – desa sasaran program PSDABM yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan ekosistem hutan dan kesejahteraan masyarakat di dalam dan sekitar hutan khususnya di kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) Sambelia dan Santong.

Terkait dengan berakhirnya  Program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) ini dan melihat potensi dalam mengembangkan keberlanjutan dari kegiatan paska program maka KONSEPSI dan Konsorsium KpSHK  dengan didukung oleh MCA-Indonesia melakukan kegiatan FGD Exit Strategy bersama Bappeda Kabupaten Lombok Timur dan Bappeda Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan FGD Exit Strategy Program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) di Kabupaten Lombok Timur dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2017 di Kantor Bappeda Kabupaten Lombok Timur, sementara FGD Exit Strategy Program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) di Kabupaten Lombok Utara dilaksanakan di Aula Setda Kabupaten Lombok Utara pada tanggal 20 Desember 2017. Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas – dinas terkait di Kabupaten Lombok Timur dan Lombak Utara, Kelompok Tani Hutan, Kelompok Wanita Tani hingga pemerintah desa lokasi program.

Kegiatan FGD ini bertujuan memastikan peluang dan  potensi keberlanjutan dari pengembangan yang sudah dilakukan dan dukungan dari pemerintah daerah khususnya dukungan SKPD terkait di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara. Selain itu dalam kegiatan ini juga dilakukan pengalihan asset dari kegiatan program PSDABM di Lombok Timur dan Lombok Utara kepada Kelompok Tani Hutan di desa lokasi program.

 

Dari hasil kegiatan FGD Exit Strategy bersama Bappeda Kabupaten Lombok Timur dan Bappeda Kabupaten Lombok Utara ini didapatkan komitmen dari beberapa dinas dan instansi terkait seperti Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan serta pemerintah desa lokasi.

 

EkoKrismantono#KONSEPSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *