Kaukus Perempuan POWER UP Peduli Bencana Gempa Lombok Timur dan Lombok Utara

Emergency Respon Bencana Gempa Bumi Lombok Timur
31 July 2018
COMMUNICATION WORKSHOP BUILDING STRATEGI – SNV
7 August 2018

Sebagai bentuk  kepedulian dan solidaritas terhadap bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok Timur khususnya di Kecamatan Sambelia dan Sembalun pada Minggu 29 Juli 2018,  Kaukus perempuan Paguyuban Desa Kotaraja, Kaukus Perempuan Dende Desa Lendang Nangka, Kaukus Perempuan Desa Gelora, Kaukus Perempuan Tete Batu Selatan dan Kaukus Perempuan Desa Montong Baan melakukan kegiatan penggalangan dana solidaritas gempa Lombok Timur dan Lombok Utara.

Kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan sumbangan dari masing – masing RT yang ada di dusun di setiap desa serta bekerja sama dengan Pemerintah Desa masing – masing. Sumbangan yang dikumpulkan berupa uang, mie dan beras. Sumbangan yang terkumpul rencananya akan disalurkan melalui pemerintah desa masing – masing yang akan melakukan kunjungan ke lokasi bencana.

Kaukus Perempuan merupakan organisasi perempuan yang dibentuk melalui kegiatan POWER UP yang diinisiasi oleh Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) di 18 desa di Kabupaten Lombok Timur  dengan dukungan dari OXFAM. Power UpProgram Memperkuat Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan melalui Teknologi Informasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah proyek tiga tahun yang dilaksanakan dari 2017 hingga 2019 yang didanai oleh Global Affairs Canada dan diimplementasikan di Nusa Tenggara Barat (NTB) Indonesia. Tujuan proyek ini diantaranya adalah penggunaan teknologi yang mudah diakses dalam memberdayakan perempuan, laki-laki, anak laki-laki, anak perempuan, dan kelompok perempuan untuk meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pengambilan keputusan yang demokratis untuk mensosialisasikan hak mereka, memperbaiki kemampuan mereka untuk mengakses, memahami informasi, dana kesehatan yang lebih baik. Inisiatif ini memanfaatkan platform teknologi secara luas berdasarkan pada komunikasi digital dan situs web untuk memperkuat keterlibatan warga terutama perempuan yang terpinggirkan.

Inisiatif ini menanggapi komitmen Pemerintah Indonesia terhadap desentralisasi pengambilan keputusan dalam penganggaran dan perencanaan ke tingkat kabupaten dan desa, namun tidak terbatas padaUndang-Undang Pembangunan Desa (UU 6) 2014, yang mewajibkan pemerintah di tingkat desa untuk memfasilitasi partisipasi warga dalam penganggaran dan perencanaan terutama kesehatan perempuan. Proyek ini juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan di tingkat Kabupaten dan kecamatan dibawah Kementerian Kesehatan untuk mendorong  transparansi, memastikan di tingkat desa dapat menangani kebutuhan kesehatan ibu dan perempuan dengan menggunakan komunikasi digital.

Penulis: Eko Krismantono

#Pray4Lombok#KaukusPerempuanPeduliGempaLombok#PowerUp#KONSEPSI#OXFAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *