KONSEPSI NTB Kembangkan Model Kolaborasi Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Kawasan di Lombok Utara

KONSEPSI NTB Kembangkan Model Kolaborasi Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Kawasan di Lombok Utara

Sebanyak 37 orang peserta terlibat aktif mengikuti kegiatan Kick Off Sosialisasi Pelaksanaan Program Sub Grant SIAP SIAGA – KONSEPSI NTB yang berjudul: Perluasan Inisiatif dan Partisipasi Pengelolaan Risiko Bencana Desa Menuju Resiliensi Berkelanjutan pada hari Selasa, 2 April 2024 bertempat di Aula Taman Fantasi, Desa Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh para pemangku kebijakan mulai dari tingkat desa sampai provinsi yang akan menjadi aktor kunci pelaksanaan program selama 9 bulan kedepan.

Salah satu capaian yang menjadi target program ini adalah memperkuat manajemen penanggulangan bencana untuk menghasilkan pembelajaran dan praktik baik mulai tingkat akar rumput sampai tingkat provinsi terutama pada aspek berkembangnya kerangka tata kelola penanggulangan bencana antara lain: tersedianya kebijakan (regulasi dan perencanaan) kebencanaan, kelembagaan, serta berkembangnya alur kolaborasi lintas aktor.

“Program ini adalah perluasan dan pengembangan dari Program Pulih Bersama atas dukungan SIAP SIAGA yang dilaksanakan KONSEPSI tahun 2022 yang lalu. Pembelajaran dari dua desa yakni Pemenang Barat dan Malaka akan kita perluas untuk memperkuat ketangguhan lima (5) desa di Kecamatan Pemenang”, ucap Hairul Anwar selaku Project Coordinator pada saat memberikan sambutan kegiatan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Lombok Utara, Zaldy Rahadian menyambut positif pelaksanaan kegiatan ini. Menurut Zaldy, program ini sangat penting mengingat Kabupaten Lombok Utara khususnya desa-desa Kecamatan Pemenang memiliki potensi pariwisata yang luar biasa, namun juga memiliki tantangan dari aspek ancaman dan risiko bencana.

“Kegiatan seperti ini memang sangat penting dilakukan, apalagi di Kecamatan Pemenang khususnya di 3 Gili kita punya obyek wisata yang mendunia dan menjadi pendapatan daerah terbesar untuk Lombok Utara. Namun, jangan sampai isu bencana ini menghentikan wisatawan untuk datang ke Pemenang karena kejadian bencana yang melanda wilayah kita”, ujar Zaldy.

Program yang berlangsung selama 9 bulan ini terlaksana atas dukungan pendanaan dari Pemerintah Australia melalui program SIAP SIAGA yakni sebuah kemitraan antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memperkuat penanggulangan bencana di Indonesia di tingkat nasional dan daerah, memperkuat ketangguhan masyarakat serta memperkuat kerja sama antara Australia dan Indonesia untuk aksi kemanusiaan di kawasan.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Popular

Berita Terbaru

Berlangganan Berita Kami

Jangan lewatkan Update Kegiatan-kegiatan terbaru dari Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!