KOPERASI SYARIAH “IKHTIAR AWAL MEMBANGUN UMKM TANGGUH”

LOKAKARYA UMKM BERBASIS BENCANA
26 May 2017
ToT Penguatan Keorganisasian KTH dan KTH Program PSDABM MCA – I Lombok Timur dan Lombok Utara
16 August 2017

 

Salah satu pilar ekonomi yang pernah di gaungkan oleh bapak pendiri bangsa Moh. Hatta adalah Koperasi. Pemikiran sederhana namun mengandung banyak manfaat bagi keberlanjutan ekonomi masyarakat strata bawah. Koperasi merupakan asosiasi orang perorang atau kelompok perkelompok yang mengikrarkan diri dalam sebuah wadah ekonomi degan menjunjung nilai-nilai kebersamaan (gotong-royong), menolong diri sendiri, solidaritas, kejujuran, keterbukaan, dan keadilan serta beberapa esensi moral positif lainnya.

Lebih dari 70 tahun koperasi di Indonesia telah telah membuktikan diri sebagai salah satu pilar ekonomi negara dan hingga saat ini keberadaan koperasi senantiasa di diharapkan oleh masyarakat Indoensia. Hal tesebut terbukti dari semakin banyaknya masyarakat yang mengasosiasikan diri dalam sebauh lemabga koperasi baik konvensional maupun koperasi syariah.

Selain itu, koperasi konvensional maupun koperasi syariah dalam trend kekeinian telah berinovasi sesuai dengan budaya dan kebutuhan masyarakatnya, sehingga koperasi tidak saja sebagai lembaga non-bank namun koperasi juga sebagai media pemerdayaan ekonomi dan dakwah.

Yaitu Koperasi yang di bangun dalam krangka mewujudkan ketangguhan ekonomi masyarakat pada saat bencana merupakan salah satu wujud inovasi lembaga non-bank yang disesuaikan dengan keadaan masyarakat dan wilayah.

Sebagai contoh, dalam kurun waktu 2014-2017 Konsepsi bekerjamsama dengan OXFAM telah menginisasi kelompok usaha masyarakat untuk mempu bersurvive dalam mempertahankan usaha ekonominya melalui pengembangan UMKM TANGGUH BENCANA. Kegiatan ini telah di lakukan di dua Lokasi yaitu di Kecamatan Sembalun Kabuaten Lombok Timur dan Keluaran Kekalik Jaya Kota Mataram. melalui UMKM tangguh bencana ini, mayarakat telah diasosiasikan ke dalam Koperasi Syariahreresentasi kedua lokasi ini adalah daerah yang memiliki latar belakang bencana alam yang hampir setiap tahun di landa.

Perkembnagan hingga dengan saat ini, kedua koperasi yang di inisiasi oleh Konsepsi dan OXFAM tersebut sudah masih aktif menjalankan usaha mereka masing-masing bahkan sudah mengarah kepada pengembangan produk usaha, dengan harapan omzet kelompok usaha semakin membesar dan mampu memberikan manfaat bagi anggota mapun masyarakat sekitar.

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kami www.konsepsi.org

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *