Lokakarya Desain Protokol Peringatan Dini dan Aksi Dini Dalam Rangka Aksi Antisipasi Bencana Banjir

Lokakarya Desain Protokol Peringatan Dini dan Aksi Dini Dalam Rangka Aksi Antisipasi Bencana Banjir

KONSEPSI NTB telah menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Desain Protokol Peringatan Dini dan Aksi Dini dalam rangka Aksi Antisipasi Bencana Banjir Pada Minggu, 26 November 2023, di Gedung Aula Pertemuan Desa Belanting. Acara ini merupakan bagian dari upaya proaktif dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan aksi antisipasi terhadap potensi bencana banjir di wilayah Sambelia, Lombok Timur.

Lokakarya ini diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan di level desa, tim siaga bencana desa, tokoh masyarakat, perwakilan dari pemerintah daerah, dan ahli BMKG. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah merumuskan protokol yang efektif dalam mendeteksi peringatan dini serta merancang aksi dini yang tanggap dan efisien.

Peserta lokakarya terlibat dalam diskusi mendalam dan kolaborasi untuk mengidentifikasi faktor risiko, wilayah yang rentan, dan karakteristik peringatan dini yang optimal. Selain itu, kegiatan ini juga berfokus pada penyusunan protokol aksi dini yang mencakup langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk mengurangi dampak bencana banjir dan melindungi masyarakat.

Kegiatan ini juga memberikan ruang bagi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antarpeserta. Sehingga memungkinkan terciptanya strategi yang lebih holistik dan berbasis pada situasi lokal. Dengan demikian, Lokakarya Desain Protokol Peringatan Dini dan Aksi Dini menjadi langkah konkret dalam membangun kapasitas lokal dan meningkatkan efektivitas antisipasi bencana banjir di Desa Obel-Obel, Desa Belanting dan Desa Dara Kunci, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur.

Bagikan Tulisan ini:

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Popular

Berita Terbaru

Berlangganan Berita Kami

Jangan lewatkan Update Kegiatan-kegiatan terbaru dari Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!