LOKAKARYA SOSIALISASI PROGRAM MEMPERKUAT PARTISIPASI PREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN MELALUI TENOLOGI DI PROV. NTB

ToT Penguatan Keorganisasian KTH dan KTH Program PSDABM MCA – I Lombok Timur dan Lombok Utara
16 August 2017
Pelatihan Rehabilitasi Lahan Unit Hutan Kemasyarakatan (HKm) dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Program PSDABM MCAI – Konsorsium KpSHK, KONSEPSI, YAPPI dan LAPAK
12 October 2017

PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN

Kegiatan lokakarya dan sosialisasi memperkuat partisipasi perempuan melalui teknologi dalam pembangunan yang diadakan Oxfam pada tanggal 11-17 september ini merupakan kegiatan yang dihajatkan untuk perempuan, khsusnya perempuan NTB. program yang mengawal isu-isu kepentingan perempuan khususnya disektor kesehatan ini memberikan harapan bagi perempuan untuk terus berekplorasi dan berkarya dalam mengisi pembangunan. Kegiatan ini mengajak perempuan untuk terlibat atau berpartisipasi dalam setiap pengambilan keputusan disegala sektor kehidupan—minimal perempuan tidak imperior dihadapan kaum laki-laki.

Kehadiran perempuan dalam setiap pengambilan keputusan di ranah public menjadi keharusan ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini. Perempuan tidak boleh lagi hanya mendominasi ruang-ruang domistik seperti kasur, dapur dan sumur.

Kegiatan atau program yang difasilitasi Oxfam berekerjasama dengan GAC (government affair of Canada) ini bertujuan mengangkat dan memberikan edukasi kepada perempuan khususnya perempuan NTB yang berada di empat kabupaten di pulau Lombok yaitu Lombok timur, Lombok tengah, Lombok barat, dan Lombok utara.

Kegiatan ini sangat positif karena mendorong perempuan untuk terlibat dalam setiap urusan yang bersifat public, terutama urusan kesehatan perempuan, seperti ibu hamil, kesehatan reproduksi dan perlindungan anak.  Isu-isu ini menjadi konsen dari Oxfam untuk di dorong ke ranah kebijakan atau pengambil keputusan dengan salah satu cara mendidik perempuan untuk sadar bahwa penting bagi mereka untuk terlibat aktif dan massif dalam setiap proses perencanaan dan penganggaran di pemerintah guna memastikan kebutuhan dan kepentingan kaum perempuan terakomodir dalam kebijakan pemerintah.

Kegiatan ini melibatkan kelompok sipil sebagai mitra kerja Oxfam dalam melaksanakan program ini. Adapun mitra Oxfam antara lain konsepsi, koslata, PKPI, dan PKBI. Program ini juga tidak hanya melibatkan organisasi NGO, CSO dan LSM tetapi juga akan berkoordinasi dan melibatkan unsur-unsur pemerintah dari pemerintah desa sampai kabupaten dan pusat, sebab kegiatan ini juga berkerjasama dengan kementerian social. Bahkan peserta kegiatan ini nantinya akan lebih banyak dari kelompok perempuan sebab perempuan menjadi focus dari kegiatan ini terutama di isu kesehatannya dan ibu hamil.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 tahun kedepan dan akan menggunakan pendekatan teknologi sebagai sarana untuk mendekatkan perempuan dengan birokrasi dalam setiap pengambilan keputusan. Pemanfaatan Teknologi sebagai sarana bereksplorasi dan mengaktualisasikan diri mejadi trend dan kelebihan tersendiri bagi perempuan untuk ikut terlibat dalam mengisi dan mengawal pembanguan di provinsi Nusa Tenggara Barat.

ADHIE#KONSEPSI

 

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kami www.konsepsi.org

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *