MEMANTAPKAN 5 PILAR RENCANA AKSI PANGAN DAN GIZI KAB. LOMBOK TIMUR DALAM PERTEMUAN LANJUTAN TIM PENYUSUN RENCANA AKSI DAERAH PANGAN DAN GIZI (RAD PG) 2019-2023 KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Pertemuan Tim Teknis Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangandan Gizi (RADPG) Kabupaten Lombok Timur 2018 – 2023
4 June 2018
“Gunung Es Yang Runtuh”
25 June 2018

Sebagai tindak lanjut dari Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RADPG) 2019 – 2023 untuk Kabupaten Lombok Timur, Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) melalui Program Voice for Change Partnership yang didukung oleh SNV mengadakan Pertemuan Lanjutan Tim Penyusun Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RADPG) 2019 – 2023 untuk Kabupaten Lombok Timur.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 7 Juni 2018 di Ruang Pertemuan RM. Carpio Lombok Timur dan dihadiri oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Lombok Timur, Dinas Ketahanan Pangan Kab. Lombok Timur, Dinas Kesehatan Kab. Lombok Timur, Dinas Pertaniandan Perkebunan Kab. Lombok Timur, Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak, Keluarga Berencana (DP3AKB) Kab. Lombok Timur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Lombok Timur serta Tim Voice for Change Partnership KONSEPSI sebagai inisiator kegiatan ini.
Pertemuan dibuka oleh Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Kab. Lombok Timur, Mariyani., ST., ME yang mengharapkan pertemuan Tim Penyusun RAD – PG Kab. Lombok Timur 2019 – 2023 dapat berjalan lebih efektif dan efisien ditengah suasana ibadah puasa ini. Lebih lanjut Mariyani., ST., ME menegaskan bahwa tujuan pertemuan Tim Penyusun RAD-PG Kab. Lombok Timur kali ini adalah untuk membahas secara detail 5 Matrik Pilar Rencana Aksi Pangan dan Gizi yang telah diisi oleh masing-masing angota tim penyusun RAD-PG.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Lombok Timur, Dinas Ketahanan Pangan Kab. Lombok Timur, Dinas Kesehatan Kab. Lombok Timur, Dinas Pertaniandan Perkebunan Kab. Lombok Timur, Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak, Keluarga Berencana (DP3AKB) Kab. Lombok Timur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Lombok Timur serta Tim Voice for Change Partnership KONSEPSI

Dalam sambutannya selaku Direktur KONSEPSI Dr. Moh. Taqiuddin menyatakan bahwa pengisian 5 Matrik Pilar Rencana Aksi Pangan dan Gizi Kab. Lombok Timur yang telah dilakukan oleh anggota tim penyusun merupakan representasi dari kegiatan masing – masing OPD Kab. Lombok Timur dan diharapkan dapat menjadi proyeksi untuk 5 tahun kedepan baik secara program kegiatan maupun anggaran di masing – masing OPD.

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan diskusi 5 Matrik Pilar Rencana Aksi Pangan dan Gizi. Dalam proses ini, masing – masing matrik dikupas lebih dalam terkait dengan proyeksi program dan penganggaran yang dilakukan oleh OPD/SKPD terkait di masing-masing kegiatan dalam setiap pilar serta kemungkinan akan perubahan berdasarkan baseline serta mengacu pada target capaian nasional yang dirasionalisasi oleh pemerintah daerah secara terperinci.

Dari pertemuan ini, dihasilkan data-data 5 Matrik Pilar Rencana Aksi Pangandan Gizi (kegiatan dan anggaran) dari setiap OPD di Kab. Lombok Timur. Selain itu adanya perubahan proyeksi capaian masing-masing kegiatan OPD didalam 5 pilar yang disesuaikan dengan kondisi daerah dan target capaian pemerintah pusat. Sebagai tindak lanjut pertemuan ini maka akan dilakukan penginputan perubahan data 5 Matrik Pilar Rencana Aksi Pangan dan Gizi dalam rancangan dokumen RAD PG Kab. Lombok Timur yang sedang disusun saat ini.

Lebih lanjut, seluruh tim penyusun RAD PG Kab. Lombok Timur 2019 – 2023 sepakat untuk menyusun dokumen RAD-PG yang bukan hanya sebagai panduan pemerintah daerah Lombok Timur dalam proyeksi perencanaan dan penganggaran program – programnya kedepan tetapi juga dapat digunakan oleh pemerintah di tingkat desa. Dengan demikian pemerintah desa dapat memproyeksikan kegiatannya didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) dan dituangkan didalam RKPDesa dan APBDesa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *