Memperkuat Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan Berbasis Teknologi  

RAPAT KERJA PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS KONSEPSI TAHUN 2018 – 2020
15 January 2018
Monitoring dan Evaluasi Program Power Up di Desa Lendang Nangka Utara dan Desa Kesik Kec. Masbagik – Lombok Timur
18 January 2018

Peran teknologi informasi dalam pembangunan saat ini sangat terasa. Kecepatan menyampaikan dan menerima informasi menjadi salah satu indikator pelayanan publik. Sebagian besar masyarakat dalam mendapatkan informasi pembangunan atau informasi sosial lainnya, berkat adanya teknologi informasi yang berkembang dewasa ini.

Survey Hasil Mobenzi Jenis Aplikasi Yang digunakan

Dari hasil survey dengan menggunakan aplikasi Mobenzi untuk mengetahui sejauh mana masyarakat  di Kecamatan Masbagik dan Kecamatan Sikur, memahami penggunaan teknologi di kehidupan sehari-hari. Survey pertama yang di lakukan dengan 154 responden lebih dari lebih dari 85% masyarakat di dua kecamatan memiliki smartphone (android). Dari aspek pemanfaatan lebih dari 79% responden yang memiliki smartphone dimanfaatkan untuk mengakses media social.Selain itu juga, dalam survey ini, didapatkan lebih dari 67 persen responden berjenis kelamin perempuan. Dan selain itu keaktifan responden dalam mengakses media social memiliki trend lebih banyak perempuan, hal tesebut dapat dilihat dari keaktif-an update status di media sosial.

Survey Hasil Mobenzi Jenis Media Informasi yang Digunaka

Dan pada survey kedua sebanyak 194 responden yang telahdisurvey terkait dengan sistem informasi pembangnan yaitu sistem informasi layanan pengaduan di desa dan layanan kesehatan berbasis teknologi pada puskesmas, serta ketertarikan masyarakat dengan jenis sistem informasi yang berkembang saat ini. Pada survey kedua ini didapatkan data sistem informasi pengaduan atau sistem layanan kesehatan yang digunakan masih berupa informasi manual (informasi dari cerita dari petugas atau tokoh masyarakat) dan sebagian kecil yang memanfaatkan media informasi seperti Hotline (Telp/SMS), Kotak Saran dan  Media Sosial. Berdasarkan hasil  survey lebih dari 50 persen responden menyatakan tidak mengetahui adanya layanan informasi dan pengaduan.

Berdasarkan data diatas, KONSEPSI bersama OXFAM telah menginisiasi program Power Up (penguatan perempuan dalam pembangunan berbasis teknologi) dengan harapan, teknologi yang akan diakses atau digunakan nantinya dapat meningkatkan keterlibatan perempuan atau kelompok perempuan dalam pengambilan keputusan akan hak mereka dan perempuan dapat berpartisipasi dalam pembangunan serta memiliki jangkauan yang lebih luas tentang pemahaman informasi teknologi.

#Syamsul Hadi #Risfa Wulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *