Mendorong Kesadaran Laki-Laki Tentang Kepekaan Gender, Hak-Hak Perempuan dan Partisipas Perempuan dalam Pembangunan (Desa Masbagik Utara Lombok Timur)

Kesadaran Laki-Laki Tentang Kepekaan Gender, (Desa Sikur Kec. Masbagik Lombok Timur)
25 May 2018
Peningkatan Kesadaran tentang kepekaan gender, hak-hak perempuan Dan partisipasi perempuan (khusus laki-laki) di Desa Gelora Lombok Timur
31 May 2018

Diskusi Kelompok antara Peserta Pelatihan Gender di Desa Masbagik Utara yg terdiri dari BPD, Karang Taruna dan Suami Kaukus

Dalam pembukaan Pelatihan Peningkatan Kesadaran Laki – Laki Tentang Kepekaan Gender, Hak – Hak Perempuan dan Partisipasi Perempuan di Desa Masbagik Utara, Fasilitator desa Masbagik Utara, Asrulliana menyampaikan bahwa Program power Up merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh KONSEPSI di Lombok Timur. Program ini bertujuan untuk mendorong partipasi perempuan dalam pembangunan yang sudah berjalan sejak tahun 2017  dan sudah sering melakukan kegiatan khususnya di  desaMasbagik Utara. Sebelumnya juga sudah terbentuk Kaukus Perempuan“Mele Sejahtera” di Desa Masbagik Utara. Sementara fokusu tama program ini adalah untuk menekan angka kematian ibu dan anak.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan karena sering terjadi kelompok perempuan selama ini hanya sebagai penerima segala keputusan khususnya terkait perencanaan penganggaran dan pembangunan di tingkat desa, tanpa mereka sendiri yang mengidentifikasi kebutuhannya. Hal ini tentu berbeda apabila kelompok perempuan sendiri yang berbicara tentang kebutuhan mereka khususnya dalam pembangunan desa. Itulah mengapa para suami anggota Kaukus Perempuan Desa Masbagik Utara dihadirkan dalam pelatihan ini untuk mendukung dan memotivasi kelompok perempuan khusus yang terlibat didalam kaukus agar aktif terlibat dalam perencanaan penganggaran dan pembangunan yang ada di desa Masbagik Utara.

Sementara Kepala Desa Masbagik Utara, Suhaedi didalam sambutannya menyatakan bahwa memang benar, kelompok laki-laki memang

Pemaparan Materi yang disampaikan oleh Fasilitator Zulfikri pada Pelatihan Gender khusus laki-laki di masbagik utara,

secara tidak sadar terlalu membatasi keterlibatan kelompok perempuan dalam pengambilan keputusan di tingkat desa, sehingga perempuan hanya dirumah saja tanpa menyadari bahwa dia termasuk masyarakat yang juga mempunyai andil yang sama untuk kemajuan Desa Masbagik utara.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2018 di Aula Kantor Desa Masbagik Utara Lombok Timur yang diikuti oleh Kepala desa, Sekdes, BPD, Karang Taruna, RT, Kepala Dusun, Tim RPJMdes, dan masyarakat (dalam hal ini para suami anggota Kaukus Perempuan Desa Masbagik Utara). Total peserta yang hadir berjumlah 25 orang. Kegiatan pelatihan ini difasilitasi oleh Zulfikri. Antusiasme para peserta pelatihan cukup tinggi, hal ini terlihat dari ketekunan peserta dalam menyimak materi yang disampaikan oleh fasilitator dan keaktifan mereka dalam bertanya dan berdiskusi sehingga menghidupkan suasana pelatihan.

Dari hasil pelatihan ini diharapkan kelompok laki-laki dan kelompok perempuan dapat saling memahami dan menghormati hak dan kewajibannya. Perempuan memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan terkait perencanaan penganggaran dan pembangunan di tingkat desa. Oleh sebab itu membutuhkan dukungan dari kelompok laki – laki. Tetapi di sisi lain perempuan juga harus paham tentang hakikat gender dan batasan-batasannya.

 

KONSEPSI#Asrulliana#EkoKrismantono

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *