MENINGKATKAN AKSES MASYARAKAT KEPADA PRODUK SANITASI SEHAT DAN MURAH MELALUI PELATIHAN PRODUK SANITASI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

PELATIHAN STBM SENSITIF NUTRISI YANG BERKESETARAAN GENDER DAN INKLUSI SOSIAL BAGI POKJA PPAS KECAMATAN DAN POKJA PPAS DESA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH
12 September 2019
Workshop POWER UP :Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkait 26 Tanda Bahaya Kehamilan dan Persalinan
7 October 2019

Pelaksanaan WINNER Project di Kabupaten Lombok Tengah tidak terlepas dari 3 komponen pokok Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu enabling, demand dan supply.Salah satunya adalah dengan meningkatkan akses kelompok perempuan dan kelompok termarjinalkan lainnya ke produk WASH/STBM yang terjangkau serta meningkatkan peran masyarakat khususnya kelompok perempuan untuk menjadi wirausaha sanitasi khususnya di tingkat desa. Dan untuk meningkatkan supply sanitasi yang terjangkau oleh masyarakat, maka Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) dengan dukungan Yayasan Plan Internasional Indonesia (YPPI) melalui WINNER Project melaksanakan Pelatihan Produksi Sanitasi di Kabupaten Lombok Tengah.

Peserta kegiatan pelatihan ini merupakan perwakilan dari 24 desa pilot winner project yang terdiri dari tukang, kader kesehatan desa dan perwakilan dari kelompok penyandang disabilitas (Lombok Disability Center/LDC) dengan total peserta berjumlah 37 orang. Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari, mulai dari 20 hingga 23 agustus 2019. Bertempat di Aula Kantor Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah. Pelatihan produk sisanitasi ini difasilitasi langsung oleh para praktisi produksi sanitasi binaan YPPI yang berasal dari Purwodadi dan Grobogan Jawa Tengah serta Dari Kabupaten Lombok Utara.

Tujuan pelaksanaan pelatihan produk sisanitasi ini secara umum adalah untuk mempelajari kaitan dari 3 komponen pokok STBM untuk percepatan akses sanitasi di tingkat masyarakat khususnya di desa – desa sasaran WINNER Project. Sementara secara khusus, melalui pelatihan ini, peserta dapat mempelajari cara membuat kloset (jongkok dan duduk) dan produk sisanitasi lainnya seperti wastafel untuk cuci tangan dari bahan PC serta memahami proses pembangunan jamban sehat dengan biaya murah dan terjangkau.

Inti dari Pelatihan Produksi Sanitasi ini adalah agar peserta memiliki kemampuan tentang cara pembuatan membuat kloset (jongkok dan duduk) dan produksi sanitasi lainnya seperti wastafel untuk cuci tangan dari bahan PC serta memiliki pemahaman tentang cara pembuatan membuat cetakan kloset (jongkok dan duduk) dan produksi sanitasi lainnya seperti wastafel. Secara umum diharapkan Peserta pelatihan memiliki kemampuan tentang cara. Pembuatan jamban murah dan sehat.

Selama 5 hari pelaksanaan pelatihan, selain diberikan teori pembuatan produk sanitasi seperti closet dan wastafel, para peserta juga melakukan praktek pembuatan produk – produk sanitasi tersebut secara langsung dari pemilihan material sampai proses finishing hingga produk dianggap layak jual di pasaran dengan bimbingan para praktisi yang sudah berpengalaman, Untuk mendukung pembuatan produk – produk sanitasi ini, para peserta juga dibimbing untuk membuat cetakan closet dan wastafel berbahan fiber glass. Diharapkan melalui pelatihan produksi sanitasi ini, akan muncul wirausaha – wirausaha sanitasi di Kabupaten Lombok Tengah khususnya di desa – desa dampingan WINNER Project.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *