Monitoring dan Evaluasi Program Power Up di Desa Lendang Nangka Utara dan Desa Kesik Kec. Masbagik – Lombok Timur

Memperkuat Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan Berbasis Teknologi  
16 January 2018
PEMBENTUKAN KAUKUS PEREMPUAN DI DESA DANGER KECAMATAN MASBAGIK LOMBOK TIMUR
22 January 2018

Dalam rangka melihat sejauh mana perkembangan dari Program Power Up yang dilaksanakan di 16 Desa di Kabupaten Lombok Timur,  KONSEPSI dan OXFAM melakukan Monitoring dan Evaluasi bersama di desa dampingan yakni Desa Lendang Nangka Utara dan Kesik di Kecamatan Masbagik Lombok Timur

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi bersama ini dihadiri oleh Samisanas Poland (Oxfam Kanada), Melly, Fidia, Yasinta dan Joshua (Oxfam Indonesia). Sementara dari KONSEPSI diwakili oleh Syamsul Hadi, Fifi Lutfida dan Halimahtussadiah. Kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Desa, staff desa, Kaukus Lentera Bedengah ,Tim ICT dan FD di dua kecamatan lokasi Program Power Up.

Dalam sambutannya,  Kepala Desa Lendang Nangka Utara menyampaikan beberapa hal yakni  pengembangan potensi Kelompok  Perempuan  harus didukung oleh pemerintah desa, sehingga SDA dan SDM di tingkat desa bisa meningkat dan  memberi sumbangan bagi pembangunan desa.  Sehingga harapan kedepan, kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Lendang Nangka Utara dapat dirasakan oleh masyarakat.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Desa Lendang Nangka Utara, Saminas Poland (Oxfam Kanada) menyatakan sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Kepala Desa, Staff Desa dan semua pemangku kepentingan dalam proses kegiatan Program Power Up khususnya di Desa Lendang Nangka Utara.

Sementara Melly dari Oxfam Indonesia menanyakan kepada masyarakat Desa Lendang Nangka Utara terkait seberapa pengaruhnya program ini dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Lendang Nangka Utara meskipun program ini baru berjalan 5 bulan. Hairun Badrun (Staff Desa Lendang Nangka Utara) menanggapi pertanyaan tersebut dengan mengatakan bahwa melalui pelatihan terkait gender yang dilakukan oleh KONSEPSI bersama OXFAM telah memberikan efek yang besar dimana ini terlihat dari Kelompok Perempuan di Desa Lendang Nangka Utara  yang awalnya harus dipaksa untuk mengutarakan pendapat dalam pertemuan – pertemuan di tingkat desa sekarang sudah berani secara terbuka menyampaikan pendapatnya. Oleh sebab itu, Pemerintah Desa Desa Lendang Nangka Utara sangat merasakan dampaknya dari pelatihan yang tekah dilaksanakan melalui Program Power Up ini.

Begitupula dengan Finrosman (ketua PKK Desa Kesik) yang menyatakan setelah adanya Pelatihan Gender dan pembentukan

Kaukus Perempuan dalam Program Power Up ini, Kelompok perempuan mulai berani untuk berbicara mengenai kebutuhan – kebutuhannya meskipun banyak yang masih belum bisa berpendapat di depan umum. Sementara Johriah (Ketua Kaukus Lendang Nangka Utara) sangat merasakan manfaatnya Program Power Up ini dimana dulunya belum memahami soal gender, sekarang beliau bisa berbagi ilmu tentang  gender.

Terkait dengan Pembentukan Kaukus Perempuan di setiap desa dampingan Program Power Up, Melly dari Oxfam Indonesia mengatakan bahwa  tentunya tidak hanya sekadar dibentuk saja tetapi juga harus dipertanggungjawabkan dan diimpementasikan khususnya oleh masyarakat dan pemerintah desa dengan pengawalan oleh KONSEPSI. Dalam hal ini  diharapkan kaukus perempuan ini dapat  berguna bagi masyarakat. Di sisi lain, Kelompok Perempuan diharpkan tidak hanya sekedar hadir dalam forum tersebut namun adanya pengembangan kapasitas perempuan yang bisa dilatih dan dikembangkan di desa dampingan. Hal ini bisa diwujudkan apabila diintegrasikan oleh setiap

pihak yang terlibat dalam Program Power Up ini bisa terjalin sehingga kebutuhan akan informasi dan layanan untuk Kelompok Perempuan bisa terpenuhi sesuai dengan apa yang menjadi tujuan program.

EkoKrismantono#Asruliana#KONSEPSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *