Pelatihan Penulisan Berita dan Pengisian Website Petani Hutan

Konsultasi dan Koordinasi Ketahanan Pangan dan Gizi Di Kabupaten Lombok Timur
23 October 2017
MIMPI PLAN VIVO PETANI HKm SANTONG DAN SAMBELIA
30 October 2017

Pendampingan Pelatihan Website Desa

Program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) MCA- Indonesia bersama Konsorsium KpSHK, KONSEPSI, YAPPI dan LAPAK telah berjalan sampai dengan kuartal 5. Beberapa kegiatan yang sudah berjalan di lokasi proyek belum semuanya terdokumentasi dengan baik di lokasi proyek (Desa Dara Kunci, Sugian, Santong dan Sakuli). Sistem informasi berupa website desa/kelurahan dapat dengan mudah memberikan informasi baik berupa profile, lokasi, produk unggulan, kegiatan berlangsung dll. Dengan keterbukaan informasi di jaman sekarang ini, sistem informasi seperti website sangat sesuai untuk mendapatkan informasi dasar tentang desa/kelurahan. Sistem Informasi Desa yang berupa website merupakan sebuah bangunan yang menghubungkan antar fungsi pengelolaan data dan informasi secara utuh di lingkup desa.

Website memiliki fungsi media transparansi dan Informasi, Fungsi perbaikan pelayanan dan tata kelola pemerintahan desa, Fungsi interkoneksi data antara Desa dengan Supra Desa dan Fungsi Promosi Produk Unggulan Desa. Terpenting membuat desa dikenal oleh masyarakat dunia. Tidak kalah pentingnya selain sudah terbangunnya website desa/kelurahan, pemahaman tentang penulisan berita juga merupakan faktor terbesar pengunjung akan sering melihat website tersebut.

Jurnalisme warga (citizen journalism) adalah aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa (bukan wartawan) dengan konsep didasarkan warga masyarakat (public citizens) yang berperan aktif dalam proses pengumpulan, pelaporan, analisis, dan menyebarkan berita dan informasi.  Adapun prinsip jurnalisme yaitu akurasi (ketepatan), kecermatan (ketelitian), transparansi (keterbukaan dalam peliputan berita), kejujuran dan Independesi (tidak berpihak dan tidak terikat oleh kelompok manapun). Pentingnya sebuah informasi yang dikemas dalam website desa/kelurahan yang diisi dengan berita – berita terupdate oleh jurnalisme warga ini dapat membuat desa/kelurahan dsan potensi yang ada disana dikenal oleh masyarakat secara luas.

Oleh sebab itu, Konsorsium KPSHK, KONSEPSI, YAPPI dan LAPAK mengadakan Pelatihan Penulisan dan Pengisian Website Petani Hutan.  Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan informasi dari desa/kelurahan di lokasi program baik berupa profile, kondisi desa dll serta diharapkan dapat  mencetak kader/SDM setempat yang mampu menjadi bagian dari jurnalisme warga untuk memasukan berita/informasi dalam website desa/kelurahan tersebut. Sedangkan secara khusus, tujuan pelatihan  ini adalah Terbentuknya website petani hutan di setiap desa/kelurahan di lokasi program serta adanya kader dalam pengelolaan website dan kader jurnalisme warga.

Pelatihan Penulisan dan Pengisian Website Petani Hutan ini dilaksanakan selama 4 hari di pada 26 – 29 September 2017 Bertempat di Royal Hotel Bogor. Pelatihan difasilitasi oleh Muhammad Rizki Nugraha dan Abdul Akbar Aziz (Web Builder Tim) dan salah seorang wartawan senior Bang Eka  dengan Co. Fasilitator  Aji Panjalu.

Peserta  terdiri dari 5 orang dari Desa Dara Kunci, 5 orang dari Desa Sugian, 5 orang dari Desa Santong, 5 orang dari Kelurahan Sakuli serta 2 orang pendamping dari KONSEPSI dan YAPPI – LAPAK. Sebagai Pendamping dari KONSEPSI ditunjuk Taufik Akbar dan Eko Krismantono.

Dari pelatihan ini, ditargetkan Tim Website dari masing – masing desa lokasi program dapat memposting berita – berita seputar desa, KTH, KWT dan kegiatannya minimal 1 berita per minggu. Dengan berakhirnya program pada Desember 2017 ini, maka diharapkan minimal akan didapat 12 berita/artikel hingga program berakhir.

 

Eko Krismantono#KONSEPSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *