Peningkatan Kesadaran tentang kepekaan gender, hak-hak perempuan Dan partisipasi perempuan (khusus laki-laki) di Desa Gelora Lombok Timur

Mendorong Kesadaran Laki-Laki Tentang Kepekaan Gender, Hak-Hak Perempuan dan Partisipas Perempuan dalam Pembangunan (Desa Masbagik Utara Lombok Timur)
28 May 2018
Pertemuan Tim Teknis Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangandan Gizi (RADPG) Kabupaten Lombok Timur 2018 – 2023
4 June 2018

Pelatihan Peningkatan Kesadaran tentang kepekaan gender, hak-hak perempuan dan partisipasi perempuan (khusus laki-laki) yang dilaksanakan di Desa Gelora pada tanggal 24 Mei 2018 di ikuti oleh 25 orang yang terdiri dari 14 orang perwakilan suami anggota Kaukus Desa Gelora, 5 orang Ketua RT, 2 orang tokoh agama, 3 orang perwakilan Pemuda serta 1 orang dari Perwakilan Pemeritah Desa.

Pemeberian matei oleh fasilitator Zulfikri.

Tujuan kegiatan ini adalah agar para peserta mengalami peningkatan pengetahuan terkait kepekaan gender, hak-hak perempuan, dan pasrtisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan di desa Gelora khususnya bagi kelompok laki-laki (para suami anggota Kaukus Perempuan Desa Gelora).

Dalam pelatihan ini, Zulfikri selaku fasilitator dan narasumber memberikan penjelasan tentang konsep gender yang dirangkai dengan brain storming seperti mengidentifikasi pembedaan laki-laki dan perempuan sampai dengan membuat definisi dari gender dan seks tersebut. Selanjutnya pemaparan materi dampak, bentuk dan faktor-faktor ketidakadilan gender. Kemudian para peserta pelatihan diminta untuk menganalisa film “imposible dream”dan mengidentifikasi bentuk-bentuk ketidakadilan gender dengan cara berkelompok dan dipresentasikan oleh masing-masing kelompok. Fasilitator kemudian menjelaskan dampak ketidakadilan gender dan bentuk ketidakadilan gender dengan mengkaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai penutup, fasilitator pelatihan memaparkan materi tentang dukungan laki-laki dalam mendorong partisipasi perempuan dalam pembangunan.

Hasil dari pelatihan ini antara lain, para peserta pelatihan dapat memahami konsep gender, dampak ketidakadilan gender, bentuk ketidakadilan gender serta adanya komitmen peserta dalam melakukan perubahan perilaku dengan memberikan kesempatan kepada perempuan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan desa termasuk istri peserta /anggota kaukus. Selain itu juga sebagai bentuk dukungan dan support dari para suami kepada istri yang tergabung didalam kaukus perempuan Desa Gelora untuk mengembangkan pengetahuan. Selanjutnya Peserta pelatihan dapat menyusun strategi bersama dalam mewujudkan partisipasi perempuan dalam pembangunan khususnya di desa Gelora.

Selama pelaksanaan kegiatan pelatihan ini penerimaan peserta terhadap materi pelatihan dianggap cukup baik serta yang menjadi catatan adalah perubahan perilaku peserta pelatihan kepada pasangan menjadi tindak lanjut dari kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *