Perkuat Kapasitas Relawan TSBD, KONSEPSI NTB Berikan Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana

Perkuat Kapasitas Relawan TSBD, KONSEPSI NTB Berikan Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana

Sebanyak 40 (empat puluh) Relawan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) di empat desa lokasi program diberikan Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana oleh KONSEPSI NTB atas dukungan Caritas Germany. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 23 hingga 26 Oktober 2020 bertempat di Horti Park Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah.

Para Relawan TSBD yang mengikuti pelatihan ini berasal dari : Desa Obel Obel, Kabupaten Lombok Timur; Desa Akar Akar, Kabupaten Lombok Utara; Desa Gelangsar, Kabupaten Lombok Barat; dan Desa Aik Berik, Kabupaten Lombok Tengah. Melalui kegiatan ini, relawan TSBD diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan diri mereka sehingga kedepan mereka dapat menjadi aktor utama penanggulangan bencana di tingkat desa.

Sebelumnya, relawan TSBD ini sudah diberikan pelatihan oleh KONSEPSI NTB hingga dapat menyusun dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB). Melalui kegiatan pelatihan ini, dokumen RPB yang sudah dirancang dan disusun selanjutnya dipraktikkan melalui simulasi kebencanaan yang melibatkan semua pihak, termasuk dari unsur BPBD Provinsi NTB, Dinas Sosial Provinsi NTB, Palang Merah Indonesia (PMI), dan ORARI NTB.

Selama tiga hari kegiatan, para relawan TSBD dibekali dengan materi tentang kerelawanan dan dasar penanggulangan bencana terdiri dari: Perspektif, Karakter, dan Implementasi Relawan di Indonesia dan Internasional; Peran Relawan dan Siklus Bencana; Manajemen Logistik dan Peralatan; Manajemen Dapur Umum; Komunikasi Radio; Hunian Darurat dan Pertolongan Pertama Keadaan Darurat; Dukungan Psikososial; Dinamika Kelompok; dan Simulasi Kebencanaan.

Para relawan TSBD diberikan materi melalui pendekatan pembelajaran partisipatif, role play, permainan, dan praktik lapangan. Harapannya, pelatihan ini dapat menjadi pembelajaran sosial agar relawan TSBD cakap, tanggap, dan cekatan dalam melakukan agenda pengurangan risiko bencana di tingkat desa.

Written by : Hendra P. Saputra

Bagikan Tulisan ini:

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Popular

Berita Terbaru

Berlangganan Berita Kami

Jangan lewatkan Update Kegiatan-kegiatan terbaru dari Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!