Pertemuan Tim Teknis Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangandan Gizi (RADPG) Kabupaten Lombok Timur 2018 – 2023

Peningkatan Kesadaran tentang kepekaan gender, hak-hak perempuan Dan partisipasi perempuan (khusus laki-laki) di Desa Gelora Lombok Timur
31 May 2018
MEMANTAPKAN 5 PILAR RENCANA AKSI PANGAN DAN GIZI KAB. LOMBOK TIMUR DALAM PERTEMUAN LANJUTAN TIM PENYUSUN RENCANA AKSI DAERAH PANGAN DAN GIZI (RAD PG) 2019-2023 KABUPATEN LOMBOK TIMUR
12 June 2018

Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) melalui Program Voice for Change Partnership yang didukung oleh SNV pada Kamis 24 Mei 2018 melakukan kegiatan Pertemuan Tim Teknis Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangandan Gizi (RAD PG) Kabupaten Lombok Timur 2018 – 2023 di Ruang Pertemuan Bappeda Kabupaten Lombok Timur.

Tim Penyusun dari Dinas Kesehatan, BAPPEDA, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, BP3AKB, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KONSEPSI

Kegiatan Pertemuan Tim Teknis Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD PG) Kabupaten Lombok Timur 2018 – 2023 dihadiri oleh para pihak terkait di Kabupaten Lombok Timur seperti Dinas Kesehatan, BAPPEDA, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, BP3AKB, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KONSEPSI selaku penggagas program ini.

Kegiatan Dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Timur yang menegaskan bahwa tujuan Pertemuan Tim Teknis Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi di Kab. Lombok Timur ini adalah untuk mendorong peran aktif semua OPD di Kabupaten Lombok Timur yang berkepentingan dan memiliki peran strategis dalam Program Voice for Change Partnership untuk terlibat langsung dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi 2018 – 2023.

Sementara Direktur KONSEPSI menyampaikan bahwa saat ini KONSEPSI sedang melaksanakan baseline survey di 10 desa di Kabupaten Lombok Timur dibantu oleh tenaga kesehatan yang ada di 10 desa tersebut berkaitan dengan issu stunting,gizi dan sanitasi, yang nantinyaakanmenjadisalahsatubahanmasukanuntukpenyusunan RADPG ini. Selain itu juga disampaikan tentang 5 pilar yang berkaitan dengan penyusunan RADPG ini yaitu perbaikan gizi masyarakat, peningkatan akses pangan yang beragam, peningkatan pengawasan mutu dan keamanan pangan, perilaku hidup bersih dan sehat dan kelembagaan pangan dan gizi.

Lebih lanjut Direktur KONSEPSI menyampaikan bahwa RADPG Kabupaten Lombok Timur ini akan diselaraskan dengan kebijakan Propinsi NTB dan Nasional. Diharapkan RADPG dapat tersusun sebelum dilakukannya penyusunan RPJMD Kab.Lombok Timur.Penguatan RADPG ini diharapkan dapat bersifat multi sector dan masuk kedalam perencanaan penganggaran daerah. Kedepannya RADPG dapat diatur dalam Perda Lombok Timur dan Pergub NTB.

Salah satu catatan penting dari kegiatan Pertemuan Tim Teknis Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RADPG) Kabupaten Lombok Timur 2018 – 2023 adalah tentang pentingnya kebutuhan data dari para pihak terkait sebagai bahan penyusunan RADPG ini salah satunya untuk melengkapi 5 pilar tersebut.

 

#KONSEPSI#EkoKrismantono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *