SOSIALISASI PROGRAM POWER UP PARTICIPATION TINGKAT KABUPATEN

PELATIHAN PENGUATAN PENGURUS DAN PENGELOLA KOPERASI
6 November 2017
KEGIATAN PELATIHAN KESADARAN GENDER DAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI KECAMATAN SIKUR DAN MASBAGIK
16 November 2017

Memperkuat Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan Melalui Teknologi di Kab Lombok Timur, Senin, 23 Oktober 2017.

#PowerUpParticipation.

Sosialisasi Kegiatan Power Up Tiangkat Kabupaten

Hari Senin 23 Oktober 2017, KONSEPSI, bekerja sama dengan Bappeda Kab Lombok Timur menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Power Up Participation – ICT. Program ini didukung oleh OXFAM dan Canada. Pertemuan yang dilakukan di Ruang Pertemuan Kantor Bappeda Lombok Timur dan diikuti oleh wakil-wakil dari 18 Desa  lokasi program, wakil dari 2 kecamatan lokasi program (Kec. Sikur dan Masbagik), dihadiri juga oleh SKPD-SKPD terkait (Dinas PMD, Diskominfo, Dinas Kesehatan dan Dinas BP3AKB), dan kader-kader yang ada di lokasi program. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bappeda Lombok Timur dan dalam hal ini diwakili oleh Kabid Sosbud Bappeda Lotim (Ibu Maryani, ST); dalam uraiannya kabid sosbud menjelaskan Pentingnya peran perempuan dalam proses pembangunan dan sudah tertuang dalam RPJMD. Bappeda sangat mengapresiasi kegiatan yang sedang diusung dan dalam 3 kali musrembang terakhir sudah mulai melibatkan kelompok-kelompok Perempuan untuk diikutsertakan dalam proses musrembangdes sampai dengan musrembang kecamatan. Harapan program ini dapat menjadi percontohan bagaimana perkuatan peran perempuan dalam pembangunan. Dan 2 kecamatan yang menjadi pilot merupakan kecamatan terpadat dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Timur (khususnya Kec Masbagik). Oleh karena itu harapannya ada koordinasi kegiatan program sehingga hasil program ini dapat menjadi contoh untuk kecamatan lainnya di Kabupaten Lombok Timur dan dari program ini ikut berkontribusi menaikkan derajat kesehatan di Lombok Timur menjadi sekitar 25% pada tahun 2018.

Zulfikri selaku Sekretaris lembaga KONSEPSI mewakili Direktur yang kebetulan berhalangan hadir. menjelaskan program-program yang sudah dilakukan KONSEPSI di Kabupaten Lombok Timur. KONSEPSI sudah bekerjasama dengan Pemda Lombok Timur sejak tahun 2008, antara lain bekerjasama dengan OXFAM untuk Program Penanggulangan Bencana Alam di 4 kecamatan, Pengurangan Risiko Bencana di 2 Kecamatan di Lombok Timur, membidani terbentuknya Forum PRB  di Lombok Timur, juga sedang mengusung Program Food and Nutrisi di Lombok Timur, dan sekarang program Power Up Partisipation.

Sementara itu Jamal Fida, selaku perwakilan Oxfam di Indonesia (NTB), memperkenalkan timnya yang akan bekerja sama dengan KONSEPSI untuk Kabupaten Lombok Timur, terdiri dari bagian Informasi komunikasi tehnologi dan isu-isu gender. OXFAM sebagai lembaga yang mengusung isu-isu Kemanusiaan (sanitasi), Emergency Respons Pengurangan Risiko Bencana,dan Keadilan gender. KONSEPSI  akan bekerja di 16 desa dari 2 kecamatan. Program didanai oleh Canada dan akan dilakukan September 2017 – September 2019.

Pemaparan tentang kegiatan Power Up dari Konsorsium KONSEPSI

Program ini diharapkan akan mampu memperkuatkan peran dan partisipasi perempuan dalam pemenuhan hak kebutuhan perempuan terutama memperkuat peran perempuan dalam isu kesehatan ibu dan anak, masalah kesehatan reproduksi perempuan dengan menggunakan pola pendekatan teknologi informasi.. Diharapkan dari program ini akan Membangun peran perempuan baik perempuan yang hamil/tidak hamil untuk dapat ikut serta dalam proses pembangunan daerah, khususnya pembangunan kesehatan ibu dan anak. Pelaksanaanya akan dimulai dengan melakukan pendampingan kelompok-kelompok perempuan dalam  mengajukan isu-isu kesehatan ibu dan anak dalam program anggaran pemerintah. Hal yang berbeda dalam program ini adalah penggunaan sistem tehnologi tetapi tidak merubah sistem program tehnologi yang sudah ada di daerah tersebut.

Sementara itu Syamsul Hadi selaku Manajer Program Power Up Participation memperkenalkan timnya yang akan bekerja di 16 desa di Kecamatan Sikur dan Masbagik. Program ini tidak akan membuat sistem baru tetapi akan memperkuat sistem yang sudah ada dan memperbaiki atau melengkapi apa yang sudah kuat sehingga dapat berintegrasi dengan program di daerah. Fokus Program PUP adalah memperkuat partisipasi perempuan dalam pembangunan, dengan isu kesehatan ibu dengan pendekatan tehnologi. Dinamika saat ini, perempuan sudah maksimal mengisi kuota kehadiran dalam rapat-rapat daerah, tetapi masih kurang dalam hal partisipasi dan keaktifannya. Oleh karena itu, indikator program ini adalah meningkatkan partisipasi dan keaktifan perempuan dalam pembangunan dengan cara penggunaan aplikasi tehnologi informasi, dengan 3 pilar yang ingin dicapai  Partisipasi, akuntabilitas dan responsifitas. #PowerUpParticipation.

 

#Fifi Luthfida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *