ToT Penguatan Keorganisasian KTH dan KTH Program PSDABM MCA – I Lombok Timur dan Lombok Utara

KOPERASI SYARIAH “IKHTIAR AWAL MEMBANGUN UMKM TANGGUH”
13 July 2017
LOKAKARYA SOSIALISASI PROGRAM MEMPERKUAT PARTISIPASI PREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN MELALUI TENOLOGI DI PROV. NTB
22 September 2017

Konsorsium KpSHK – KONSEPSI atas dukungan oleh MCA-Indonesia pada tanggal 08 sampai dengan 11 Agustus 2017 bertempat di Hotel Golden Palace Mataram mengadakan ToT Penguatan Keorganisasian KTH dan KTH khususnya untuk kelompok Kelompok Tani Hutan dan Kelompok Wanita Tani di lokasi program PSDABM di Lombok Timur (Desa Sugian dan Desa Darakunci Kec. Sambelia) dan Lombok Utara (Desa Santong Kec. Sambelia). ToT ini difokuskan kepada Penguatan Keorganisasian KTH dan KWT serta untuk memperkuat KTH dan KWT yang sudah ada baik dari segi cara berorganisasi maupun dari segi peningkatan kemampuan Sumberdaya manusianya.

ToT Penguatan Keorganisasian KTH dan KWT ini bertujuan untuk memperkuat KTH dan KWT dari berbagai aspek pengorganisasian kelompok. Selain itu melalui ToT ini, KTH dan KWT di lokasi program PSDABM diharapkan memiliki pengetahuan analisis pengelolaan sumberdaya alam berbasis masyarakat khususnya sumberdaya hutan secara lestari di Lombok Timur dan Lombok Utara

Maksud dari ToT Penguatan Keorganisasian KTH dan KWT ini adalah untuk membentuk kader -kader kelompok tani hutan dan Kelompk Wanita Tani yang memahami perspektif pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat yang berkelanjutan dan lestari, serta mampu melakukan penguatan pengorganisasian, mendinamisir kelompok tani hutan, dan pengembangan KTH.

Melalui ToT ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman Perspektif PSDABM; meningkatkan pemahaman Perspektif Gender dalam  PSDABM; meningkatkan pemahaman pentingnya kelompok dalam pengelolaan hutan lestari; meningkatkan pengetahuan kelompok tani hutan dalam menumbuhkan inisiatif, kreativitas dan jiwa kemandirian serta meningkatkan pemahaman dan pengembangan organisasi.

Dalam kegiatan ini melibatkan 30 orang partisipan yang terdiri dari 10 orang anggota KTH Wana Lestari Sambelia, 5 orang anggota KWT Wana Lestari Dara Kunci, 5 orang anggota KWT Bangkit Bersama Sugian, 5 orang anggota KTH Maju Bersama Santong  dan 5 orang anggota KWT Babagus Santong.

Kegiatan ToT Penguatan Keorganisasian KTH dan KWT ini dibuka oleh Bappeda Propinsi NTB sekaligus bertindak sebagai pembicara utama. Sebagai Narasumber dalam kegiatan ToT ini diantaranya Dinas LHK Propinsi NTB, Dinas Koperasi Propinsi NTB, Dinas Pemberdayaan Perempuan Propinsi NTB dan Koslata.

Pada sesi penutupan ToT Penguatan Keorganisasian KTH dan KWT diserahkan piagam pelatihan secara simbolis kepada peserta pelatihan oleh Bappeda Propinsi NTB dan Regional Manager MCA – Indonesia wilayah NTB.

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kami www.konsepsi.org

Penutupan TOT 1 KWT dan KTH Program PSDABM MCA-I KPSHK – KONSEPSI di Hotel Golden Palace

EkoKrismantono#KONSEPSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *