Kami

Lembaga KONSEPSI memiliki Personel yang terdiri dari Dewan Pengawas, Tim Ahli dan Tim Pelaksana.

Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H.

Badan Pengawas
Hj. Baiq Isvie Rupaeda,S.H.,M.H.

Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H,. M.H.
Email : baiqisvierupaeda@gmail.com

Salah seorang tokoh Perempuan NTB yang lahir di Selong, Lombok Timur pada tanggal 1 September 1962 merupakan politikus perempuan Partai Golongan Karya (GOLKAR). Tercatat lulus dari SD Negeri Selong [1969-1975] dan SMP Negeri Selong [1975-1978] dan melanjutkan pendidikan menengahnya di SMA Negeri Selong [1978-1986]. Perguruan tingginya diselesaikan di Universitas Mataram (UNRAM) hingga jenjang magister di bidang Ilmu Hukum selesai pada tahun 2003 . Menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat sejak 2016 – 2019 dan 2019 sampai sekarang. Ibu Baiq Isvie Rupaedah merupakan perempuan pertama di NTB yang menduduki posisi tertinggi tersebut. Sebelum menjadi Ketua dan Anggota DPRD NTB, beliau merupakan Anggota MPR RI (1999 -2004) dan Anggota P4 D NTB (1990–2004); Konsultan Hukum Mataram (1988-2004); dan Dosen Fakultas Hukum (1988-2004). Sejak tahun 2015 sampai sekarang, Ia didapuk sebagai Ketua Badan Pengawas Konsepsi NTB.

H. Abdullah, S.H., M.H.

Badan Pengawas
H. Abdullah, S.H., M.H.

Lahir di Lenangguar-Sumbawa 29 September 1957. Setelah menyelesaikan study di Fak. Hukum UII (1981) dan pendidikan notariat FH UGM (1985), selanjutnya sejak tahun 1998 menjadi notaris dan PPAT di Mataram sekaligus dosen luar biasa di FH UNRAM. Beberapa organisasi yang pernah ditekuni antara lain : Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Sekwil PAN NTB, Ketua Orwil ICMI dan PMB (Partai Matahari Bangsa).

TGH. Burhanudin, BA.

Badan Pengawas
TGH. Burhanudin, BA.

Lahir di Mertak Paok Lombok Tengah, 25 Juli 1960. Setelah menamatkan pendidikan sarjana muda di Fakultas Tarbiyah NW Pancor Lombok Timur, kemudian mendirikan dan mengasuh pondok Pesantren “Darussiddiqien” Mertak Paok Kecamatan Batu Kliang Lombok Tengah hingga sekarang.

Drs. Humaidi

Badan Pengawas
Drs. Humaidi

Lahir di Anjani, tahun 1963. Menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah. Pernah menjadi anggota Tim Konsultan Sosial, Proyek WUAO-SSIMP (Water User  Associates Organizer - Small Scale Irrigation Management Project) dan menjadi Tenaga Pendamping Lapangan pada Proyek Hutan Kemasyarakatan Santong Lombok Barat, dilanjutkan pada Program Pemulihan Keberdayaan Masyarakat di Salut Lombok Barat, Terakhir sebagai Koordinator Program, Pembentukan dan Pengembangan Forum Komunikasi Hutan Kemasyarakatan OECF.

Suhardi Suryadi

Badan Pengawas
Suhardi Suryadi

Lahir di Surabaya, 29 September 1961 pendidikan terakhir di Fakultas Ekonomi Universitas As-Syafii’iyah Jakarta sehari-hari bekerja sebagai Direktur LP3ES Jakarta

M. Nasri Tamrin, S.H.,M.H.

Tenaga Ahli
M. Nasri Tamrin, S.H.,M.H.

Email: : mnasritamrin@gmail.com

Lahir di Kotaraja Lombok Timur pada tahun 1981. Seorang Akademisi di Universitas Muhammadiyah Mataram dan Praktisi Pemberdayaan Masyarakat. Saat ini tengah menyelesaikan study S3 di Universitas Islam Indonesia. memiliki pengalaman profesional sebagai pimpinan manajerial dan pengurus berbagai lembaga/instansi. Serta pengalaman pendampingan masyarakat di berbagai wilayah di NTB. Saat ini dipercaya sebagai Program Manager Indonesia Climate and Disaster Resilient Communites  (ICDRC) di Sembalun, Lombok Timur. Dari tahun 2015 sampai sekarang menjadi Tim Ahli di Konsepsi NTB.

Jumansyah, S. Hut., M. AP.

Tenaga Ahli
Jumansyah, S. Hut., M. AP.

Lahir di Sumbawa, 1 Juli 1974 dengan pendidikan terakhir di Fakultas Kehutanan Institut Pertanian (Intan) Yogyakarta. Pernah sebagai CO pada Program Pengembangan Ekonomi Masyarakat sekitar hutqn di NTB, terakhir sebagai Koordinator Program Pengembangan Partisipasi Masyarakat dalam Proses Pengawasan Pembangunan dan Pemerintahan NTB. Kegiatan penelitian yang pernah diikuti diantaranya Evaluasi Kelembagaan Masyarakat Lokal ( Proyek Perhutani di Pulau Sumbawa), Anggota Tim Evaluasi Pelaksanaan Hkm Sesaot Lombok Barat, dan Anggota Tim Inventarisasi Potensi dan Pengukuran Tata-tata Batas kawasan Hutan Taliwang 1.000 Ha. Saat ini aktif menjadi Pegawai pada Dishutbun Sumbawa. Dari tahun 2015 sampai sekarang menjadi Tim Ahli di Konsepsi NTB.

Rahmat Sabani, STP., Mp.

Tenaga Ahli
Rahmat Sabani, STP., Mp.

Email : rahmatsabani2@gmail.com

Lahir di Sumbawa pada tanggal 27 November 1967. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jurusan S3 Ilmu Lingkungan di Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2018-2022. Merupakan Akademisi Universitas Mataram, selain itu juga memiliki pengalaman sebagai peneliti; Tenaga Ahli; Ketua Laboraorium; Asesor Energi Terbarukan; Ketua tempat Uji Kompetensi Teknik Energi Baru dan Terbarukan; Ketua Forum PRB NTB; dan pernah menjabat sebagai Direktur Konsepsi NTB selama dua periode (2007-2010 & 2010-2013). Memiliki pengalaman mengikuti berbagai workshop dan pelatihan yang diadakan oleh berbagai Lembaga/Institusi. Puluhan survey/penelitian telah dilakukan dalam isu kebencanaan; pertanian; energy baru terbarukan; dan berbagai isu lainnya. Dari tahun 2015 sampai sekarang menjadi Tim Ahli di Konsepsi NTB.

Dra. Hindun

Tenaga Ahli
Dra. Hindun

Lahir di Mataram, 31 Desember 1957. Pendidikan terakhir di IKIP Malang Jawa Timur. Selain berpengalaman sebagai  guru di beberapa SLTA, pernah pula menjadi staf Hivos Lombok,Pendiri & Pimpinan Yayasan Panca Karsa Mataram, (1993),  Pendiri & Ketua Kelompok Pengobatan Tradisional   (1992), Pendiri & pimpinan Yayasan Karisma Pertiwi Indonesia (YKPI), Fasilitator Gender di LSM/Pesantren NTB,  dan anggota Pendiri KONSEPSI. Beberapa training yang pernah diikuti diantaranya Training Analisa Sosial,   Training Gender, Training Ansos Berspektif Gender di Jakarta,  Training HAM, TOT Gender dan Ham. Terakhir beliau menjadi pembicara pada pada Workshop United    Indigenous Knowledge & Practices on Mother and Child Care di Cavite Philiphina. 3-16 April 2000. Dari tahun 2015 sampai sekarang menjadi Tim Ahli di Konsepsi NTB.

Dr. Pipin Novita, S. SP., M. Si.

Tenaga Ahli
Dr. Pipin Novita, S. SP., M. Si.

Email: novysadikin@gmail.com

Lahir di Indonesia pada 28 November 1971. Menyelesaikan pendidikan Doctornya di IPB tahun 2017 dalam bidang Natural Resources and Environment Management. Menguasai bahasa internasional yaitu; French dan English serta menguasai bahasa daerah Sundanese. Aktif sebagai peneliti dibidang lingkungan, kehidupan berkelanjutan, dan ecotourism. Saat ini aktif sebagai dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor. Selain itu juga mengajar di Sahid University dari tahun 2017 sampai sekarang. Memiliki pengalaman profesional menjadi bagian team of Formulation Document of ANDAL RKL-RPL Pandu Hospital Bogor; Team leader, Script and Director for making media and video on issue Participatory Law Enforcement in Natural Resource and Environmental Management. For IDLO and Holland Ambassador; Team leader, Script and Director for making media and video on issue Participatory Law Enforcement in Natural Resource and Environmental Management; Knowledge management of Millenium Challenge Account; Knowledge Management Responsible Person; Trainer and External Affair at System Dynamic Center; Knowledge management of Millenium Challenge Account dan berbagai pengalaman profesional lainnya di berbagai lembaga/institusi. Dari tahun 2015 sampai sekarang menjadi Tim Ahli di Konsepsi NTB.

Dr. Moh. Taqiuddin

Direktur
Dr. Moh Taqiuddin

E-mail:

direktur@konsepsi.org; moh.taqiuddin@konsepsi.org 

Spesifikasi: Sosiologi dan isu-isu terkait sosial-ekonomi.

 

Dipilih menjadi Direktur KONSEPSI sejak tahun 2015 dan menjabat hingga saat ini. Lahir pada tanggal 12 Januari 1976 di Desa Wanasaba (Lombok Timur). Memiliki riwayat pendidikan dasar hingga menengah ke atas, adalah: SDN 1 Wanasaba (1988), SMPN 2 Aikmel/SMPN 1 Wanasaba (1991) dan SMA Negeri 1 Mataram (1994). Memperoleh gelar Sarjana Peternakan (S.Pt) dari Fakultas Peternakan Universitas Mataram Tahun 1999. Menyelesaikan Pendidikan Strata-2 pada Departemen Sosiologi FISIP-UI dan mendapatkan gelar Magister Sosiologi (M.Si), tahun 2010. Selanjutnya, memperoleh gelar Doktor (Dr) dari Departemen Sosiologi FISIP-UI pada tahun 2017 dengan fokus kajian pada Sosiologi Lingkungan. Sehari-hari juga bekerja sebagai Dosen (ASN) pada Universitas Mataram yakni Laboratorium Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan dan Program Studi Sosiologi. Memiliki pengalaman lapangan sejak bekerja sebagai Teknisi Peternakan pada PLAN Internasional Program Unit Lombok Timur tahun 1999. Pada tahun 2000, mulai aktif sebagai Tenaga Lapangan pada Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Cabang NTB hingga kemudian berubah nama menjadi Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) pada tahun 2001. Pengalaman sebagai Peneliti/Konsultan pada sejumlah kegiatan riset/kajian sosial menggunakan pendekatan kuantitatif (polling, survei) maupun kualitatif-partisipatoris (RRA, PRA, AKP, PCVA) sejak tahap desain, implementasi, pelaporan hingga monitoring dan evaluasi.

Sejak tahun 2015 hingga saat ini, membawa KONSEPSI untuk memperluas bidang dan ruang lingkup aktivitas serta memiliki jaringan dengan sejumlah lembaga donor maupun NGO-Internasional dan Pemerintah Daerah, yakni: SNV-IFPRI (advokasi ketahanan pangan dan gizi); OXFAM-GAC (partisipasi perempuan); OXFAM-ANCP (ketangguhan komunitas); ForumCiv Swedia-Islamic Relief (Adaptasi Perubahan Iklim, Respon Bencana); CARITAS-Germany (Ketangguhan Penghidupan Masyarakat Pasca Bencana); UNDP-Sweden Sverige (Mekanisme Pendanaan untuk Iklim); South South North Afrika Selatan (Pengelolaan Pengetahuan Iklim untuk Voice Climate Action); SIAP SIAGA-PALADIUM-DFAT (Pemulihan Masyarakat Pasca Pandemi dan Ketangguhan Bencana); ETIFOR-Italia (Konservasi Kawasan dan Rendah Karbon); Yayasan PLAN Internasional Indonesia (Air Bersih dan Sanitasi); Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Publik).

Beberapa pengalaman Internasional: Presenter in The 4th AFSA International Conference on Food Safety and Food Security, August 2018, Siem Reap – Cambodja; SDG Conference “Toward Zero to Hunger”, 2018, Wageningen University and Research, Netherland; Global Learning Event on Food Nutrition Security SNV, Gisenyi-Kigali, Rwanda, 2019; UN Climate Change Conference (COP26) in Glasgow, Scotland.

Lalu Arif Saptari

Kadiv Advokasi Kebijakan
Lalu Arif Saptari

Email : arif.bisma@gmail.com ; heri-konsepsi@hotmail.com

 

Lahir di Masbagik – Lombok Timur pada tanggal 10 Oktober 1977. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jurusan Teknik Geologi, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Memiliki berbagai pengaaman mengikuti seminar dan workshop yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi. Berpengalaman dalam melakukan penelitian dan kajian, memfasilitasi, mengkoordinir dan mengelola berbagai program sejak tahun 2004 hingga saat ini. Memiliki keahlian dalam bidang pendampingan pengembangan masyarakat, Mangemen  Perencanaan serta mengoperasikan alat-alat Geologi seperti kompas geologi, mikroskop, GPS, Teodolit, Komputer MS Office, kemampuan bahasa inggris menengah serta mampu dalam manajemen pengorganisasian dan bekerja dalam tim.

Maya Afsari Haq

Keuangan Program
Maya Afsari Haq

Email : mayaafsari123@gmail.com

 

Perempuan yang lahir di Mataram, 26 Maret 1998 bekerja di Konsepsi NTB sejak 2018 hingga saat ini sudah berpengalaman mengelola berbagai program. Saat ini sedang merampungkan pendidikan tingginya di salah satu perguruan tinggi di Mataram. Memiliki berbagai pengalaman peltihan dan workshop yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi. Selain itu juga beberapa kali memiliki pengalaman dan terlibat dalam berbagai survey / penelitian.

Subhan

Staf Senior Program
Subhan

Email: subhan@konsepsi.org

 

Lahir di Wanasaba, Lombok Timur pada tahun 1979. Menyelesaikan pendidikan sarjana pada Program Studi Ekonomi/Akutansi di Universitas Gunung Rinjani, Selong, tahun 2000-2004. Selain menempuh pendidikan formal, ia juga banyak mengikuti kegiatan pelatihan atau pendidikan non-formal yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi. Memiliki riwayat pengalaman kerja sebagai tenaga surveyor, tenaga pendidik, dan community fasilitator di berbagai lembaga/instansi. Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai organisasi dengan menempati posisi sebagai sekretaris hingga menjadi pimpinan/pengurus yayasan. Saat ini bekerja di KONSEPSI NTB sebagai fund rising.

Fitriah Kartini

Staf Program
Fitriah Kartini

Email : fitrikartini@gmail.com

 

Menyelesaikan pendidikan Master degree (MSc) dari Wageningen University, The Netherland spesialisasi dalam program Rural Development Sociology. Seoarang Akademisi dan Praktisi Pemberdayaan Masyarakat. Bekerja di Konsepsi NTB sejak tahun 2018 sampai sekarang. Memiliki keahlian dalam management Sumber daya alam, Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan.

Jati Resik D.

Staf Logistik
Jati Resik D.

Email : jatiresik@gmail.com

 

Lahir di Lombok Timur pada tanggal 20 Agustus 1990. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jurusan S1 Hubungan Internasional  – FISIP Universitas Pasundan Bandung. Bekerja di Konsepsi NTB sejak tahun 2019 hingga saat ini. Berpengalaman sebagai supporting Poor Communities to Claim Their Right in Climate Change (SP-CRC2) Konsepsi – Islamic Relief (2019-2020); Kordinator lapangan program Meningkatkan Ketahanan Bencana Pedesaan melalui Pengembangan Literasi Bencana dan Program Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Wilayah (2021-2022); dan saat ini sebagai Logistic Officer program DECCAP.

Zulkarnaen

Staf Lapangan
Zulkarnaen

Email : zuljuain@gmail.com

 

Lahir di Batu Bawi – Lombok Timur, 31 Desember 1984. Riwayat pendidikannya dimulai di SDN 2 PANDAN Tahun 1991-1997. Dilanjutkan  MTs DA JEROWARU Tahun 1997-2000. Pendidikan enengah atas di SMUN (Sekolah Menengah Umum Negeri) 1 Praya Timur Tahun 2000-2003. Hingga pendidikan terakhir S1 Ilmu Hukum Universitas Mataram (2004-2008). Mulai bekerja di KONSEPSI NTB tahun 2019 hingga saat ini. Serta memiliki berbagai pengalaman kerja diantaranya; Panwaslu Tahun 2014, Sensus Pertanian tahun 2009, Sensus Sosial Ekonomi 2017, Ketua Kelompok Tani (2009-2022), Ketua TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) Desa Pandan Wangi (2018-2021), Koordinator Warung Ilmiah Lapangan ICCTF Tahun 2014-2017, Pengecer Pupuk Bersubsidi. Selain itu juga pernah mengikuti berbagai workshop dan pelatihan yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi, di tahun 2022 dipercaya sebagai Field Officer Project DECCAP.

Saepudin Zuhri

Staf Lapangan
Saepudin Zuhri

Email : sepuddin.zuhri@konsepsi.org

 

Lahir Mataram 17 Oktober 1979, Mulai bekerja pada tahun 2002 sampai tahun 2005 di PT ODG sub PT NEWMONT Sumbawa barat bagian logistic, kemudian pada tahun 2005 – 2007 bekerja sebagai fasilitatir PNPM  PNPM Mandiri desa kuripan sambil melanjutkan study perguruan tinggi di Universitas Gunung Rinjani, selesai kontrak di PNPM Mandiri selanjutnya mengabdi di pemeirntahan desa masbagik utara sebagai sekretaris BPD Sejak tahun 2008 sampai tahun 2013, setelah selesai masa jabatan sebagai sekretaris BPD, pada tahun 2013 sampai tahun 2016 bekerja di PT arena Paok Motong sub PT PLN Paok Motong, dan pada tahun 2017 sampai sekarang ini menjadi staf KONSEPSI NTB untuk pendampingan partisipasi perempuan dalam pembanguan 2017- 2019 program OXFAM Kanada, kemudian pada tahun 2022 sampaisaat ini  masih di program Desa tangguh Bencana (Destana).

Hitur Jaun

Staf Lapangan
Hitur Jaun

Email : hiturjaun3@gmail.com

 

Lahir di Mataram pada tanggal 27 Desember 1993. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Universitas Islam Negeri Mataram. Memiliki pengalaman kerja sebagai Fasilitator BNPB Provinsi Nusa Tenggara Barat Pasca Gempa Bumi Lombok Tahun 2018. Sejak tahun 2021 bekerja di Konsepsi NTB sebagai Project Officer Indonesia Climate and Disaster Resilient Communites  (ICDRC) di Sembalun, Lombok Timur.

M. Galang Al Falah

Staf Media
M. Galang Al Falah

Email : falahgalang06@gmail.com

Menyelesaikan pendidikan terakhirnya di SMA Negeri 5 Mataram tahun 2020. Seorang yang mempunyai kompetensi yang bisa mendukung untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi kedepannya serta membawa kontribusi positif bagi kehidupan masyarakat. Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan Microsoft Office, Critical thinking, Public speaking, Manajemen tugas, dan Manajemen waktu. Bekerja di Konsepsi NTB sejak tahun 2022 sebagai Staff Media.

 

Abidin Tuarita

Wakil Direktur I
Abidin Tuarita

Email : abidin.tuarita@konsepsi.org

Lahir di Ambon pada tanggal 15 Mei 1958. Saat ini berdomisili di Desa Sesait, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Menyelesaikan pendidikan sarjana (Bsc) pada Fakultas Pertanian di Universitas Muhammadiyah Malang, tahun 1986. Memiliki pengalaman kerja yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, dan reforma agraria sejak tahun 1978. Melalui pengalaman kerja yang begitu panjang di berbagai perusahaan dan lembaga, ia pernah menempati posisi sebagai staf lapangan hingga koordinator teknis/proyek. Selanjutnya, ia juga memiliki banyak pengalaman jaringan dengan berbagai lembaga/instansi seperti : WALHI NTB, FKKM NTB, FPPM, FKM Lobar, Sanggar Kebangsaan Reforma Agraria dan FASDA NTB. Sejak tahun 2004, bergabung dengan KONSEPSI NTB dan saat ini dipercaya menjadi Wakil Direktur Bidang Program.

Fifi Luthfida

Kadiv Jaringan & Kerjasama
Fifi Luthfida

Email :

fifiluthfida@gmail.com , fifiluthfida@konsepsi.org

 

Lahir di Bima pada tanggal 30 Juni 1964. Menyelesaikan S1 pada Program Studi Hortikultura Jurusan Budidaya Pertanian di Fakultas Pertanian Universitas Mataram, tahun 1990. Selain menempuh pendidikan formal, ia juga banyak mengikuti pelatihan atau pendidikan non formal mengenai bidang pertanian, lingkungan dan sumber daya alam, serta isu-isu gender yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga/instansi. Sejak tahun 1990-2014, pernah terlibat sebagai tenaga peneliti dalam berbagai aktivitas kegiatan penelitian. Selanjutnya, di tahun sejak 1999-April 2001, pernah menjadi Pendamping Program Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pinggiran Hutan, Kerjasama The Ford Foundation – LP3ES NTB. Dalam perkembangannya, pada Juni 2017 – Desember 2019, dipercaya menjadi Admin and Finance V4CP Program – KONSEPSI NTB.

Baiq Rini Wulandari

Keuangan Program
Baiq Rini Wulandari

Email : baiqriniw11@gmail.com

 

Lahir di Praya – Lombok Tengah pada tanggal 11 Juni 1980. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jurusan S1 Akuntansi di Universitas Mataram. Memiliki pengalaman kerja sebagai Administration Services; Economic Facilitation di salah satu perusahaan. Bekerja di Konsepsi NTB sejak tahun 2017 hingga saat ini sebagai Finance Program. Beberapa program diantaranya; Program Indonesian Climmate Disaster     Risk Community (ICDRC); Program WINNER; Program IN LINE.

Ida Laely

Staf Senior Program
Ida Laely

Email : idalaely@gmail.com

 

Lahir di Narmada, Lombok Barat pada tanggal 30 september 1976. Memiliki riwayat pendidikan hingga jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Sejak tahun 2000, ia aktif mengikuti pelatihan atau pendidikan non-formal di bidang pertanian, kehutanan, dan gender yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi. Selanjutnya, ia juga pernah terlibat aktif dalam berbagai kegiatan penelitian mengenai isu-isu lingkungan dan sumber daya alam. Memiliki riwayat pengalaman kerja sebagai enumerator, staf administrasi dan marketing, serta fasilitator desa di berbagai lembaga/instansi. Sejak tahun 2019-2020, dipercaya oleh KONSEPSI NTB menjadi Koordinator Program Women and Disability Inclusive Wash And Nutrition (WINNER), dan di tahun 2022 di percaya sebagai GEDSI Officer Project DECCAP.

Baiq Yulfia Elsadewi

Staf Program
Baiq Yulfia Elsadewi

Email : yulfiae@gmail.com

 

Lahir di Kopang Lombok Tengah 2 January 1979. Menyelesaikan pendidikan Masternya di University of Queensland Australia tahun 2009 dalam bidang Rural Systems Management. Tahun 2021 memperoleh gelar Ph.D dalam bidang Rural community development pada Massey University, New Zealand. Memiliki Pengalaman Penelitian dan Evaluasi dan Layanan Konsultan. Sejak 2012 hingga saat ini dari berbagai lembaga/institusi diantaranya: CSIRO-Universitas Mataram, ACIAR, IFSCA-NZAid, Kemendikbudristek. Memiliki publikasi pada jurnal ilmiah dan prosiding dalam berbagai isu diantaranya; Global Environmental Change, Climate Risk Management, Coastal Management, Climate Risk Management, Frontiers in Sustainable Food Systems, Massey Postgrad Symposium, dan National Seminas of Communication Study Program of the University of Mataram. Serta memiliki pengalaman dalam Layanan Komunitas dan Konsultan, Organisasi, Pembicara dan kegiatan lainnya oleh berbagai lembga/instansi seperti; UNDP Sweden, AGS-Australia, PRISMA, BAPPEDA NTB, dan PERHEPI Kota Mataram, BAPPEDA NTB, Care About Climate, Universitas Mataram, Nova Energi dan Unram, MFAT-Massey University-Univ. of Mataram, dan Pmerintah Kabupaten Lombok Utara.

Edi Santoso

Staf Logistik
Edi Santoso

Email : edisant247@gmail.com

 

Lahir di Tenges-Enges – Lombok Tengah pada tanggal 31 Desember 1995. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jurusan S1 Akuntansi STIE Dharma Putra Semarang. Memiliki pengalaman sebagai fasilitator BNPB (Badan Nasional Penanggulanan Bencana ) rumah gempa rumah rusak ringan dan rumah rusak sedang; sebagai procurment officer program adaptasi perubahan iklim; dan administrasi officer di salah satu perusahaan.

Baiq Mariana

Staf Lapangan
Baiq Mariana

Email : baiqmariana81@gmail.com

 

Lahir di Pelambik – Lombok Timur pada tanggal 23 Maret 1989. Riwayat Pendidikannya dimulai di SD di SDN 2 Jerowaru (1995-2001), SLTP 1 Keruak (2001-2004), SMKN 1 Sakra (2004-2007), dan S1 Ilmu Produksi Ternak, Universitas Mataram  (2007-2011). Sejak tahun 2019 hingga saati ini Bekerja di KONSEPSI NTB sebagai Field Officer. Selain itu juga memiliki pengalaman sebagai Asisten Peneliti Lokal Kelompok  Pengukur Curah Hujan (KPCH) Kabupaten Lombok Timur , Pendamping Penyuluh di Unit Pelaksana Tehnis Penyuluhan Pertanian (UPTPP) Kecamatan Jerowaru, Sarjana Membangun Desa (SMD) di Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru, Oprator Cyber Extension Kecamatan, dan Petugas Pengamatan Pos Curah Hujan Kerja Sama dengan BMKG Kelas I Lombok Barat. Serta memiliki pengalaman dalam mengikuti berbagi kegiatan workshop dan pelatihan yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi. Disamping itu juga terlibat dalam berbagai survey diantaranya; Sensus Peternakan Tahun 2012, Survey Sosial Ekonomi Tahun 2016, Sensus Penduduk Tahun 2020, Survey Pemetaan Kondisi Sosial Ekonomi Tahun 2021.

Hendra Puji Saputra

Staf Lapangan
Hendra Puji Saputra

Email : hendra.sociology@gmail.com

 

Lahir di Lombok Utara pada tanggal 24 April 1997. Menyelesaikan pendidikan S1 Sosiologi di Universitas Mataram pada tahun 2019. Saat ini, Ia akan melanjutkan studi pada Magister Sosiologi di Universitas Indonesia melalui pendanaan Beasiswa LPDP. Selain itu, Ia juga memiliki berbagai pengalaman organisasi dan komunitas yang bergerak pada isu kebencanaan, literasi, dan sosial kemasyarakatan. Selain aktif di organisasi, Ia juga memiliki minat dalam menulis artikel di media massa, terlibat dalam berbagai riset, dan pengabdian masyarakat. Selanjutnya, Hendra mulai bekerja di KONSEPSI NTB sejak tahun 2019 dengan Program Desa Tangguh Bencana atas dukungan pendanaan Caritas Germany. Di tahun 2022, Ia terlibat dalam Program Destana Inklusif melalui Program SIAP SIAGA atas dukungan pendanaan dari Pemerintah Australia.

Iqbal Hakim G. Z.

Staf Lapangan
Iqbal Hakim

Email: : iqbalhakimgz@gmail.com

 

Lahir di Mataram, 1995. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Universitas Mataram jurusan Ekonomi Manajemen pada tahun 2018. Sebelum bekerja di KONSEPSI NTB, ia pernah bekerja di bidang pembiayaan di salah satu kantor di Mataram sebagai CMO yang bertugas menganalisis karakter dan kemampuan seseorang untuk membayar angsuran perbulan yang ingin mengajukan permohonan kredit. Saat ini ia bekerja di KONSEPSI NTB sebagai staf lapangan di program CARITAS-Germany.

Nanda Rizki

Staf Media
Nanda Rizki

Email: senddirectlynanda@gmail.com

 

Merupakan fresh graduate Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengambil program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Mataram lulus pada tahun 2021 dengan IPK 3.61. Memiiki Skil dibidang videography dan photography serta mudah berdaptasi dengan lingkungan baru. Bekerja di Konsepsi NTB mulai tahun 2022 sebagai tim Media.

 

Zulfikri

Wakil Direktur II
Zulfikri

Email : zulfikri@konsepsi.org

Lahir di Dasan Borok – Lotim pada tanggal 30 Agustus 1960. Menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen di STIE Trianandra  Jakarta tahun 2003. Memiliki pengalaman sebagai, Konsultan, Tim Leader, Manajer, Peneliti, Trainer dan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat dan pernah aktif sebagai Anggota DPRD Provinsi NTB, Tahun 2001 – 2004, juga pernah menjadi Dosen Fakultas Pertanian Universitas NW Mataram, Tahun 1991 – 1996. Memiliki berbagai sertifikat penghargaan dari berbaagai lembaga/institusi. Saat ini merupakan Wakil Direktur Bidang BUK.

Eko Krismantono

Kadiv Riset & Pengelolaan Pengetahuan
Eko Krismantono

Email : e.krismantono@gmail.com

 

Lahir di Plaju – Palembang pada tanggal 28 April 1974. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya di  Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia  Yogyakarta (1992 - 2000). Bekerja di Konsepsi NTB sejak 2003 sampai sekarang. Memiliki pengalaman mengelola dan memimpin berbagai program dari sejumlah lembaga donor maupun NGO-Internasional dan Pemerintah Daerah diantaranya; DFID – MFP, OXFAM  Eastern Indonesia, TIFA Foundation PATTIRO (Pusat Telaah Informasi Regional) dan AIPD (Australian – Indonesia Partnership for Decentralization) AUSAID, CV. Javasindo dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lombok Tengah Konsorsium KPsHK dengan dukungan MCA – Indonesia; Yayasan PLAN International Indonesia Tahun 2019 – 2020, IR Sweden, Forum Civ dan Yayasan Relief Islami Indonesia. Memiliki berbagai pengalaman mengikuti berbagai workshop dan pelatihan yang diadakan oleh berbagai lembaga/institusi. Serta terlibat dalam berbagai survey dan penelitian bersama berbagai lembaga/institusi.

Eva Sujiati

Staf Senior Program
Eva Sujiati

Email: evasujiati@yahoo.com

 

Lahir Suralaga – Lombok Timur pada tanggal 19 Juli 1978. Memperoleh Gelar Sarjana Teknik di Fakultas Teknik Universitas Mataram Tahun 2003. Memiliki pengalaman mengikuti berbagai workshop dan pelatihan yng diadakan oleh berbagai lembaga/instansi. Serta memiliki pengalaman kerja sebagai fasilitator, mengelola dan memimpin berbagai project pemberdayaan masyarakat.

Hairul Anwar

Staf Senior Program
Hairul Anwar

Email: hairul.anwar@konsepsi.org

 

Pria kelahiran Desa Kawo, Kecamatan Pujut (Lombok Tengah) pada 27 Juni 1981 ini merupakan lulusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Mataram angkatan 1999. Sebagian besar karir profesionalnya dihabiskan di dunia jurnalistik mulai Koran Kampus Mahasiswa Universitas Mataram, kontributor Tempo News Room NTB (2003), wartawan koran Jurnal Nasional di Jakarta (2007), kemudian menjadi kontributor Kantor Berita Feature PANTAU Aceh (2009).

Selama menetap di Banda Aceh, alumni SMA 1 Praya ini pernah terlibat dalam Task Force Aceh Green Gubernur Aceh, untuk isu pembangunan berkelanjutan pasca konflik dan bencana tsunami Aceh, dan bertanggung jawab sebagai Koordinator Tim Komunikasi dan Knowledge Management mulai 2008-2013. Proyek itu didanai oleh program The Aceh Government Transformation Programe UNDP.

Pengalaman lapangan sebagai jurnalis dan pelaksana proyek selama di Aceh telah membentuk minat dan ketertarikan ayah dari dua orang putri ini pada desain dan aplikasi perencanaan program pada isu-isu utama dan pemberdayaan komunitas, aplikasi tools partisipatif komunitas, dan tentu saja merancang desain teknik dan strategi komunikasi.Minat dan ketertarikan tersebut menjadi modal saat bergabung menjadi keluarga besar KONSEPSI, mulai November 2019. Saat ini, menjadi koordinator proyek Desa Tangguh Bencana yang didanai oleh Caritas Germany mulai 2019-2023. Selain itu, menjadi Manager Program Konsorsium KONSEPSI dalam proyek SIAP SIAGA yang didanai oleh DFAT Pemerintah Australia, mulai Februari- Oktober 2022.

Yusilawati

Staf Program
Isnan Nursalim

Email : yusilafatih@gmail.com

 

Perempuan kelahiran 12 Maret 1994 merupakan seoarang pekerja keras yang memiliki motivasi tinggi, pembelajar yang aik dan mampu bekerja dalam tim. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jurusan S1 Ilmu dan Teknologi Pangan di Universitas Mataram. Bekerja di Konsepsi NTB sejak 2021 sebagai Program Officer Voice for Inclusiveness Climate Resilience Action (VICRA).

 

Imam Muttaqiman

Staf Logistik
Imam Muttaqiman

Email: : imammu.140620@gmail.com

 

Lahir di Lombok Timur pada tanggal 10 Agustus 1993, Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jurusan S1 Ekonomi di Universitas Gunung Rinjani. Pernah terlibat dalam survei sebagai Enumerator yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi. Bekerja di Konsepsi NTB sejak tahun 2021 hingga saat ini. Pernah bertugas sebagai Commonity Mobilizer Program Hunger Prevention, Konsepsi – Islamic Relief (2021-2022) , dan saat ini merupakan Staf Procurement Program Siap Siaga.

Mastar

Staf Lapangan
Mastariadi

Email : mastargator06@gmail.com

 

Lahir di Lombok Timur,31 Desember 1966. Riwayat pendidikannya dimulai dari SD N 1 Pandan Tahun 1973-1979,  SMP N 1 Keruak Tahun 1979-1982, SMA N 1 Kopang Tahun 1982-1985, D2 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Madinatul Ilmi Tahun 2002-2005. Sejak tahun 2019 hingga saat ini bekerja di KONSEPSI NTB Sebagai Field Officer. Memiliki berbagai pengalaman dalam memimpin organisasi/ lembaga seperti; Manajer KoperasiI Remaja Jaya Desa Jerowaru Kecamtan  Jerowaru  Tahun 2003-2006, Anggota  PPK Kecamatan Jerowaru Tahun 2007, Ketua  TPK PNPM MANDIRI Desa Pandan Wangi Tahun 2010-2015, Koordinator   Warung  lmiah Lapangan  ICCTF Tahun  2014-2017, Koordinator PATBM Desa  Pandan  Wangi Tahun  2018, dan Ketua BPD Desa Pandan Wangi tahun 2018-Sekarang. Selain itu juga memiliki pengalaman dalam mengikuti berbagai workshop dan pelatihan serta terlibat dalam Survey dan Penelitian dari berbagai lembaga/instansi

Isnan Nursalim

Staf Lapangan
Isnan Nursalim

Email : isnannur565@gmail.com

 

Lahir di Cilacap 24 Agustus 1996. Setelah menyelesaikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas   dikampung  halamannya, kemudian melanjutkan pendidikan tingginya pada Prodi Sosiologi Universitas Mataram (2016-2020). Sejak masih dibangku kuliah sudah aktif mengikuti berbagai project penelitian dari berbagai lembaga/instansi serta menjadi relawan kebencanaan dan pendidikan. Selepas lulus kuliah banyak terlibat dalam penelitian dan survei sebagai Enumerator maupun Asisten Peneliti bersama beberapa Dosen Prodi Sosiologi Unram maupun lembaga/instansi lain. Selain itu juga rutin menulis Opini di berbagai media Online maupun cetak lokal hingga nasional, juga menulis buku dengan judul Imunitas Sosial (2020) dan Menangkis Serangan Covid-19 (2022). Beberapa Artikel Ilmiahnya sudah dipublikasikan di jurnal terakreditasi dan diseminarkan dalam beberapa seminar nasional dan seminar Internasional. Sejak Tahun 2021 hingga saat ini Bekerja di KONSEPSI NTB sebagai Project Officer Indonesia Climate and Disaster Resilient Communites  (ICDRC) di Sembalun, Lombok Timur.

Rodi Pradana

Community Mobilizer
Rodi Pradana

Email : pradanarodi0@gmail.com

 

Lahir di  Telaga Maluku – Lombok Utara pada tanggal 28 Mei 1993. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jurusan Kehutanan di Universitas Mataram, 2017. Memiliki pengalaman sebagai fasilitator dan anggota dalam bidang riset diberbagai lembaga/instansi. Bekerja di Konsepsi sejak 2022 hingga sekarang.

Halimatussa'diah

Kepala Keuangan Lembaga
Halimatussa'diah

Email : halimatussadiah@konsepsi.org

 

Lahir di Sumbawa pada tanggal 05 September 1972. Menyelesaikan studi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sumbawa, tahun 1991. Selain menempuh pendidikan formal, ia juga pernah mengikuti pelatihan atau pendidikan non-formal mengenai managemen keuangan yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi. Sejak tahun 1993-1996, pernah menjadi Tenaga Administrasi dan Keuangan Program Pengembangan Ekonomi Masyarakat Sekitar Pondok Pesantren kerjasama LP3ES dan Swiss Development Coorporatin (SDC). Dalam perkembangannya, sejak tahun 2018-2020 dipercaya menjadi Bendahara KONSEPSI NTB. Selain itu, ia juga menjadi Finance Program Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas dengan Caritas Germany, tahun 2020-2021.

Asrulliana

Kepala Kantor
Asrulliana

Email : asrulliana014@gmail.com

 

Lahir di Masbagaik – Lombok Timur pada tanggal 14 Agustus 1992. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jenjang S1 di Universitas Mataram, 2016. Memiliki kemampuan mengoperasikan Microsoft Office; Surveyor; team work; dan detail oriented. Memiliki pengalaman sebagai Fasilitator Desa, Enumerator dan Finance Program.

Abdul Muiz

Staf Senior Program
Abdul Muiz

Email : muizkonsepsi@gmail.com

 

Lahir di Dasan Borok, Lombok Timur pada tanggal 15 Maret 1974. Menyelesaikan Pendidikan S1 Jurusan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam Qomarul Huda Bagu Lombok Tengah, tahun 2012. Selain menempuh pendidikan formal, ia juga aktif dalam berbagai kegiatan pelatihan terutama mengenai isu-isu kebencanaan yang diselenggarakan oleh OXFAM-GB. Pernah memiliki pengalaman kerja sebagai tenaga administrasi, tenaga pengajar, dan surveyor/enumerator di berbagai lembaga/instansi. Pada Oktober 2018-September 2019, dipercaya sebagai Project Manager (PM) oleh KONSEPSI NTB untuk Program Bantuan Kemanuasian Bagi Penyintas Gempa Bumi, Tsunami dan Liquifaksi di Sulawesi Tengah. Selanjutnya, pada Oktober 2019 – Februari 2020, dipercaya sebagai Koordinator Project pada Program LIRAD (Livelihood Recovery After Disaster) Pemulihan Mata Pencaharian Pasca Bencana di Lombok.

Risfa Wulan

Staf Program
Risfa Wulan

Email: : risfawulan2@gmail.com

 

Lahir di Aikmel – Lombok Timur, pada tanggal 2 April 1992. Menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada jurusan S1 Teknik Informatika di STMIK Bumigora Mataram. Memiliki kemampuan mengoperasikan Microsoft office; desain grafis; dan data collecting. Memiliki berbagai pengalaman mengikuti pelatihan yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi. Serta memiliki berbagai pengalaman kerja sbagai consultant; tim peneliti; dan mengelola berbagai project.

Taufik Akbar Nuri

Staf Logistik
Taufik Akbar Nuri

Email : akbart998@gmail.com

 

Lahir di  Praya pada tanggal 23 Agustus 1993. Riwayat Pendidikannya dimulai pada; 1999 – 2004 : SDN Tampar - Ampar, 2005 - 2007 : SMPN 3 Praya Tengah, 2008 – 2010 : SMAN 4 Praya, 2011 – 2013 : Tehnik Elektro Universitas Mataram, 2013 – 2014 : IT Departemen on Wearnes Education Centre Bali. Memiliki pengelamana bekerja sebagai Operator di SMAN 4 Praya. Sejak tahun 2017 hingga saat ini Bekerja di KONSEPSI NTB sebagai Staf Media & Procurement. Terlibat sebagai Volunteer Emergency Response Earthquake Lombok tahun 2018. Memiliki berbagai pengalaman workshop dan pelatihan yang dilakukan oleh berbagai lembaga/instansi. Serta memiliki berbagai pengalaman Survey dan Penelitian yang diadakan oleh berbagai lembaga/instansi.

Siti Wahyu Puji A.

Staf Lapangan
Siti Wahyu Puji A.

Email : Siti.wahyu.puji@konsepsi.org

 

Lahir di Mataram, 3 Januari 1989. menyelesaikan pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Unram pada tahun 2012 dan melanjutkan S2 pendidikan Bahasa Inggris di Unram pada tahun 2016. Sebelum bergabung di KONSEPSI Ayu aktif sebagai Pengajar di SMPN 15 Mataram selama 6 tahun, selain itu Ia juga mengajar di UNW Mataram dan telah diangkat menjadi dosen tetap disana. Di KONSEPSI Ayu bergabung sebagai staff Fasilitator Desa untuk program Power Up di Lombok Timur selama 3 tahun (2017-2020) dan staff program WINNER sebagai PO untuk 8 desa dampingan di Kabupaten Lombok Tengah. Saat ini merupakan staff program Destana – Caritas Germany.

Parida Nopa A.

Staf Lapangan
Parida Nopa Ariani

Email : paridanopa@gmail.com

 

Lahir Suralaga – Lombok Timur, 27 Oktober 1996. Riwayat pendidikannya dimulai dari MI NW Suralaga, tamat Tahun 2009, MTs NW Suralaga, tamat tahun 2012, MA NW Suralaga, tamat tahun 2015  dan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram,  tamat Tahun 2019. Sejak tahun 2019 hingga saat ini bekerja di KONSEPSI NTB sebagai Field Officer. Serta memiliki pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat Tahun 2018 dan menjadi Enumerator dari berbagai lembaga/instansi. Beberapa kali sempat mengikuti berbagai seminar dan workshop sebagai peserta yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga/instansi.

Rizwan Rizkiandi

Staf Lapangan
Rizwan Rizkiandi

Email : rrizkiandi08@gmail.com

 

Menjadi staff  KONSEPSI sejak Agustus 2019 hingga saat ini. Lahir pada 25 Agustus 1996 di Kelurahan Kelayu Utara, Lombok Timur. Riwayat pendidikan dasar hingga menengah atas adalah;  SDN 2 Kelayu Utara (2009), SMPN 1 Selong (2012) dan SMAN 1 Selong (2015). Menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Program Studi Sosiologi Universitas Mataram dengan gelar Sarjana Sosiologi (S.Sos) pada tahun 2019. Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam bidang penelitian kualitatif & survey dan kapasitas dalam manajemen program. Selain itu, di dukung dengan kemampuan dalam melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan gerakan kepemudaan. Menulis karya ilmiah juga menjadi salah satu aktivitas pendukung dengan dibuktikan melalui karya buku yang pernah ditulis dan terbit, berjudul “Realitas Para Penunggu Sedekah (Fenomena Pengemis Kota Mataram)”. Selain itu juga menulis berbagai esay yang berkaitan dengan tema kerelawanan, kebencanaan dan isu-isu pembangunan sosial.

Rinda Desan

Community Mobilizer
Rinda Desan

Email : desanrinda.blogspot.com

 

Perempuan yang lahir pada  11 oktober 1999 merupakan  seseorang yang memiliki tingkat kepedulian yang tinggi kepada sesama, suka belajar hal-hal baru, kemampuan kerja sama, dan bisa menjadi pendengar yang baik. menyelesaikan pendidikan terkhirnya pada jurusan S1 Agribisnis di Universitas Mataram, 2022. Bekerja di Konsepsi NTB sejak tahun 2022. Memiliki keterampilan mengoperasikan Microsoft Office dan SPSS serta kemampuan Bahasa Inggris.