KONSEPSI Sambut Monitoring dan Evaluasi Kerja Oxfam oleh Kementerian Sosial RI

KONSEPSI Sambut Monitoring dan Evaluasi Kerja Oxfam oleh Kementerian Sosial RI

Lombok Timur (25/06/2021) Kementerian Sosial RI melaksanakan kunjungan pemantauan dan evaluasi kerja Oxfam di Indonesia. KONSEPSI sebagai salah satu mitra strategis dalam implementasi salah satu program Oxfam di Indonesia yakni Program Indonesia Climate and Disaster Resilience Communities (ICDRC) di Kab. Lombok Timur. Proyek ini bertujuan untuk kesiapsiagaan bencana dan pemenuhan hak-hak dasar dari korban bencana serta membangun penghidupan yang berkelanjutan bagi masyarakat di daerah rawan bencana dan perubahan iklim.

 

Kunjungan pemantauan dan evaluasi Kemensos RI di Lombok Timur yakni di Desa Sembalun Bumbung dan Desa Sembalun Lawang sebagai 2 wilayah implementasi program ICDRC. Pada kegiatan ini hadir juga organisasi perangkat daerah terkait sebagai mitra dalam implementasi program yakni DP3AKB, BPBD, dan Dinas Sosial Kab. Lombok Timur. Selain itu, ada juga Camat Sembalun, Pemerintah Desa Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang, serta komunitas dampingan sebagai penerima manfaat program ini, terdiri dari Tim Siaga Bencana Desa dan Kelompok UMKM yang terdapat di 2 desa.

 

Kementerian Sosial RI melalui Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri Biro Perencanaan memberikan apresiasi terhadap kehadiran Oxfam bersama dengan KONSEPSI serta mitra lainnya dalam mendukung ketangguhan masyarakat dalam menghadapi berbagai ancaman bencana. Sisi lain, adanya upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat di daerah rawan bencana menjadi satu hal yang menarik dan penting guna mendukung proses ketahanan dan ketangguhan dalam menghadapi berbagai macam bencana yang terdapat di daerah, khususnya di Wilayah Sembalun, Lombok Timur. Pada kunjungan pemantauan dan evaluasi ini kegiatan dilakukan dalam bentuk dialog di Bale Adat Desa Sembalun Bumbung dan dilanjutkan dengan berkunjung ke lapangan yakni sekretariat Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) dan Pelaku UMKM yang terdapat di 2 desa.

 

Written by Rizwan Rizkiandi

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!