Maksimalkan Informasi BMKG sebagai Peringatan Dini

Maksimalkan Informasi BMKG sebagai Peringatan Dini

Sebagai bagian dari upaya mitigasi bencana, KONSEPSI NTB bekerjasama dengan BMKG NTB dan OXFAM bersama ANCP (Australian NGO Corporation) di Indonesia atas dukungan DFAT (Australian Goverment Departement of Foreign Affair and Trade) memfasilitasi kegiatan Pelatihan Manajemen Media Komunikasi Untuk Memperkuat Kesiapsiagaan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Dalam Pengurangan Risiko Bencana, pada Rabu (7/12/2022).

 

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemasangan media Informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung. Informasi ini dapat digunakan untuk melihat prakiraan cuaca dan iklim serta gempa bumi.

 

Project Officer ICDRC bersama BMKG menyerahkan Layar Monitor Informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika

 

Selain itu, juga dilakukan pemasangan radio komunikasi di Sembalun Lawang. Hal ini penting sebagai media untuk saling terhubung dengan BPBD seluruh Indonesa. Radio komunikasi ini bukan saja digunakan saat tanggap darurat, saat pra bencana juga sangat penting untuk komunikasi dan koordinasi dengan lintas sektor.

 

Lebih lanjut, melalui kegiatan ini Tim Siaga Bencana Desa juga sedang membangun sebuah website yang akan menginformasikan terkait dengan internal kelembagaan dan kebencanaan secara umum di Sembalun.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari antisipasi kita terhadap bencana cuaca ekstrem. Sehingga penting untuk memberikan perhatian dan memaksimalkan informasi cuaca dari BMKG sebagai peringatan dini.

 

Terlebih Sembalun merupakan salah satu daerah yang memiliki ancaman terhadap bencana cukup tinggi. Sehingga penting untuk selalu mawas diri, melalui media informasi ini maka harapannya masyarakat akan lebih waspada dan siap siaga mana kala terjadi cuaca ekstreem.

 

Melalui serangkaian pelatihan dan fasilitasi beruapa media informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Radio Komunikasi dan Website maka harapannya masyarakat akan lebih siap dalam menghadapi potensi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!