PELATIHAN MANAJEMEN RISIKO BENCANA BERSPEKTIF PERUBAHAN IKLIM (CSDRM) BAGI PEMERINTAH DAERAH, PEMERINTAH DESA, PELAKU USAHA DAN TSBD

PELATIHAN MANAJEMEN RISIKO BENCANA BERSPEKTIF PERUBAHAN IKLIM (CSDRM) BAGI PEMERINTAH DAERAH, PEMERINTAH DESA, PELAKU USAHA DAN TSBD

Mataram (19/02/2021) KONSEPSI NTB dan OXFAM bersama ANCP (Australian NGO Corporation) di Indonesia atas dukungan DFAT (Australian Goverment Departement of Foreign Affair and Trade) telah memfasilitasi kegiatan Pelatihan Manajemen Risiko Bencana Berspektif Perubahan Iklim (CSDRM) Bagi Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Pelaku Usaha dan TSBD yang terdapat di Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan yang dilaksanakan di Mataram ini melibatkan pemerintah daerah, pemerintah desa yang menjadi wilayah implementasi program Indonesia Climate and Disaster Resilient Communities / ICDRC, pelaku usaha dan tim siaga bencana desa (TSBD).

 

Pelatihan manajemen risiko bencana berspektif perubahan iklim ini bertujuan meningkatkan kapasitas organisasi perangkat daerah Kabupaten Lombok Timur, pemerintah desa, pelaku usaha, dan TSBD dan mengidentifikasi kebijakan organisasi perangkat daerah Kabupaten Lombok Timur yang berkaitan dengan Climate Smart Disaster Risk Management / Manajemen Risiko Bencana Berspektif Perubahan Iklim. Pada proses pelatihan ini para peserta diberikan knowlegde management kaitan dengan perubahan iklim dan dibentuk menjadi berkelompok untuk melakukan diskusi dalam mengidentifikasi rencana kerja organisasi perangkat daerah. Secara kolektif membangun diskusi yang aktif dan partisipatif sehingga peserta pelatihan mampu secara mendalam untuk menerima pengetahuan dan didukung dengan analisa secara kontekstual kondisi masyarakat dan kebijakan pemerintah melalui rencana kerja yang telah dirancang untuk dikaitan dengan isu perubahan iklim.

 

Berangkat dari proses pelatihan para peserta dapat meningkatkan sensitifitas perencanaan dan penyusunan program daerah melalui masing-masing organisasi perangkat daerah yang akan ditetapkan dalam rencana kerja yang menggunakan perspektif perubahan iklim. Upaya ini tentunya dilakukan untuk membangun ketangguhan pemerintah dan masyarakat dalam pengurangan risiko bencana yang berkaitan dengan perubahan iklim yang merupakan permasalahan global di samping itu berdampak terhadap aspek-aspek penghidupan masyarakat. Maka, dengan melibatkan sektor pemerintah di level kebijakan dapat menciptakan kondisi yang lebih baik dan secara real mampu meningkatkan tata kelola pengurangan risiko bencana akibat perubahan iklim pada semua sektor kehidupan masyarakat, khususnya pada aspek penghidupan berkelanjutan.

 

Written by; Rizwan Rizkiandi

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!