Pertemuan Reguler Kelompok Kerja Adaptasi Perubahan Iklim di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kabupaten Lombok Timur

Pertemuan Reguler Kelompok Kerja Adaptasi Perubahan Iklim di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kabupaten Lombok Timur

Upaya meminimalisir penularan Coronavirus Desease 2019 (Covid-19), Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengacu pada kebijakan nasional, telah mengeluarkan  kebijakan terkait pembatasan sosial termasuk pembatasan kegiatan-kegiatan sosial, budaya, dan keagamaan yang melibatkan kerumunan massa. Berdasarkan kebijakan tersebut, pelaksanaan kegiatan Projek Climate Change Adaptation (CCA) juga mengalami beberapa perubahan waktu dan metode pelaksanaan kegiatan.

 

Beberapa kegiatan di bawah Projek CCA akan dilaksanakan menyesuaikan dengan himbauan pemerintah untuk tetap melakukan pembatasan sosial. Diantaranya adalah kegiatan pertemuan Kelompok Kerja Adaptasi Perubahan Iklim (Pokja API) baik di tingkat Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Timur telah dilakukan perubahan skema pelaksanaan, yaitu menggunakan metode pertemuan online melalui aplikasi Zoom.

 

Pada Rabu, 17 Juni 2020 KONSEPSI NTB dengan dukungan Islamic Relief melaksanakan kegiatan pertemuan reguler Kelompok Kerja Adaptasi Perubahan Iklim (POKJA-API) Provinsi NTB dengan dihadiri oleh 25 peserta meliputi Organisasi Perangkat Daerah, LSM Lokal, dan Akademisi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi program-program API organisasi perangkat daerah anggota POKJA-API agar sesuai dengan rencana kerja yang telah tercantum dalam dokumen RAD API 2019 – 2023 dan melakukan koordinasi untuk pelaksanaan kegiatan Pokja API pada masing-masing OPD dan stakeholders terkait.

 

Di  level kabupaten, pada hari Kamis, 18 Juni 2020,  telah dilaksanakan juga  Kegiatan Pertemuan POKJA-API Kabupaten Lombok Timur melalui video telekonfrensi Zoom. Kegiatan ini dalam rangka evaluasi pelaksanaan program/kegiatan POKJA-API Kabupaten Lombok Timur tahun 2019 dan koordinasi program/kegiatan tahun 2020 yang dilaksanakan pada masing-masing OPD dan stakeholders terkait agar sesuai dan merujuk dengan Rencana Kerja (Renja) yang telah tercantum dalam Dokumen RAD API Provinsi NTB. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 35 orang yang berasal dari OPD, LSM, dan Akademisi.

 

Harapannya melalui kegiatan ini ada komitmen bersama multi stakeholders untuk melaksanakan agenda RAD API NTB untuk mendukung dan memperkuat pencapaian misi dan tujuan NTB Gemilang baik pada tingkat Provinsi maupun Kabupaten dengan memperhatikan tantangan dan ancaman perubahan iklim dan pandemi Covid-19 serta dampaknya pada pembangunan daerah dan masyarakat, serta adanya kesepakatan untuk agenda, waktu, dan strategi pelaksanaan pertemuan berkala POKJA-API selanjutnya setelah program CCA berakhir.

 

Written by Jati Resik Danudirja

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!