Sosialisasi Pelaksanaan Program Pembangunan Desa Tangguh Bencana

Sosialisasi Pelaksanaan Program Pembangunan Desa Tangguh Bencana

KONSEPSI dengan dukungan Caritas Germany melaksanakan Sosialisasi pelaksaan program Pembangunan Desa Tangguh Bencana (Destana) dengan mengundang para pemangku kepentingan mulai dari level Desa sampai level Kabupaten. Kegiatan ini menyasar 6 desa di 3 kabupaten Pulau Lombok, Provinsi NTB.

 

Pertemuan pertama sosialisasi telah dilaksanakan pada Senin 8 Maret lalu di Desa Sengkol dan Desa Mertak Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah dan , di Desa Kembang Kerang Daya, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Hadir pada kesempatan itu antara lain pemerintah desa, camat dan instansi terkait di kabupaten yaitu BPBD dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

 

Selanjutnya kegiatan sosialisasi akan berlanjut di kabupaten Lombok Utara yakni Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang dan Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan. Selain itu, di Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading.

 

Manager Program Desa Tangguh Bencana KONSEPSI, Hairul Anwar, menegaskan tujuan sosialisasi selain memaparkan kerangka kerja program selama 12 bulan, juga membangun kesepahaman bersama dan peluang kolaborasi para pihak agar implementasi program di lapangan tepat sasaran dan lancar. “Dukungan para pihak penting karena KONSEPSI tidak mungkin bekerja sendiri dalam membangun ketangguhan masyarakat. Bencana adalah urusan kita bersama,”katanya.

 

Salah satu output kegiatan ini adalah membentuk kader Destana dan kelompok kerja (Pokja) Destana di semua desa dampingan yang berpartisipasi mewakili kepentingan masing-masing kelompok. Pokja Destana akan efektif sebaga ruang partisipasi para pemangku kepentingan, mulai dari kelompok ekonomi, pemuda, perempuan, difabel, dan aparatur desa.

 

Written by Jati Resik D.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!