Dampak Perubahan Iklim Terus Terjadi di Teluk Kombal

Dampak Perubahan Iklim Terus Terjadi di Teluk Kombal

KONSEPSI – Teluk Kombal di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu dusun yang berada di wilayah pesisir dan memiliki kerentanan terhadap adanya ancaman perubahan iklim.

 

Setiap pergantian musim kemarau ke musim penghujan tiba, wilayah Teluk Kombal kerap dilanda banjir rob dan air laut menggenang ke permukiman warga hingga setinggi pinggang orang dewasa.

 

Instensitas banjir rob yang disertai hujan dan angin kencang ini terus meningkat saban tahun sejak bencana gempa bumi yang terjadi pada tahun 2018 silam di Lombok Utara.

 

Terkini, pada hari Minggu tanggal 16 Oktober 2022 wilayah pesisir Teluk Kombal dan Dusun Telaga Wareng di Desa Pemenang Barat dan sekitarnya juga terdampak banjir.

 

Laporan warga yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) menyebut banjir terjadi karena intensitas hujan yang tinggi, sehingga membuat sungai dan selokan jadi meluap karena tersumbat sampah dan material lumpur yang berasal dari atas gunung.

 

“Kiriman dari gunung, selokan ndak muat jadinya meluap,” ucap pengurus TSBD Pemenang Barat, Abdan Hadi pada Minggu (16/10/2022) lalu.

 

Dari hasil kajian Pemda setempat, menurut penuturan Hadi dan warga lainnya bahwa wilayah Teluk Kombal sudah kurang layak lagi untuk dihuni.

 

Ada sekitar 100 kepala keluarga di Teluk Kombal telah menyepakati untuk direlokasi, namun hingga kini belum bisa terealisasi karena keterbatasan anggaran daerah.(*)

 

Teks: Harianto
Keterangan Foto: Banjir di Desa Pemenang Barat pada Minggu 16 Oktober 2022 (dok. TSBD)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!