KONSEPSI Latih TSBD di Tiga Desa Kawasan untuk Pengolahan Data Spasial dan Manajemen Informasi Kebencanaan

KONSEPSI Latih TSBD di Tiga Desa Kawasan untuk Pengolahan Data Spasial dan Manajemen Informasi Kebencanaan

Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) di tiga desa satu kawasan mengikuti Pelatihan Pengolahan Data dan Manajemen Informasi Kebencanaan yang difasilitasi oleh KONSEPSI NTB atas dukungan pendanaan dari Caritas Germany bertempat di Aula Kantor Desa Akar Akar, Jum’at-Minggu, 10-12 September 2021.

 

Para relawan TSBD di tiga desa yang menjadi peserta merupakan perwakilan dari Desa Akar Akar, Desa Andalan, dan Desa Gunjan Asri Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

 

Kepala Desa Akar Akar, Akarman dalam sambutannya menjelaskan pentingnya kegiatan ini bagi TSBD guna membantu Pemerintah Desa dalam menyediakan data kebencanaan di tingkat desa.

 

“Kedepan, kami berharap TSBD dapat mendukung penyediaan dan penguatan data kebencanaan sebagai dasar perencanaan pembangunan di tingkat desa”, ucapnya.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Hairul Anwar, Program Manager Desa Tangguh KONSEPSI. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan pentingnya membangun konsolidasi pusat data bersama antar desa satu kawasan.

 

“Kelembagaan TSBD tiga desa ini harus menjadi aktor penggerak untuk mendukung pengelolaan data dan manajemen informasi bencana secara terintegrasi. Kedepan, kita ingin mendorong pembelajaran praktik baik dalam membangun pusat data bencana antardesa”, ujarnya.

 

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini mengundang Ahli Geospasial BPBD Kabupaten Lombok Utara, Agus Hery Purnomo sebagai Narasumber. Dalam paparannya, Agus menjelaskan konsep dasar tentang data spasial, jenis data, dan pembuatan peta berbasis aplikasi yang dapat digunakan untuk mendukung upaya pengurangan risiko bencana. Setelah dibekali materi, para peserta juga diberikan praktik lapangan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan diri mereka dalam mengolah data dan informasi bencana.

 

Written by : Hendra P. Saputra

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!