Pelatihan Penyusunan Rencana Aksi Komunitas Tentang Climate Smart Disaster Risk Management (CSDRM) di Level Desa

Pelatihan Penyusunan Rencana Aksi Komunitas Tentang Climate Smart Disaster Risk Management (CSDRM) di Level Desa

Sembalun (14/11/2020), KONSEPSI NTB dan OXFAM bersama ANCP (Australian NGO Corporation) di Indonesia atas dukungan DFAT (Australian Goverment Departement of Foreign Affair and Trade) akan memfasilitasi kegiatan Pelatihan Penyusunan Rencana Aksi Komunitas Tentang Climate Smart Disaster Risk Management (CSDRM) di Level Desa. Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) sebagai salah satu komunitas local yang bergerak dalam rangka pengurangan risiko bencana di level desa kaitannya dengan pedoman penyusunan Rencana Aksi Komunitas (RAK). Dokumen RAK ini menjadi salah satu panduan bagi komunitas TSBD dalam menjalankan kegiatan atau program secara kelembagaan.

 

Peserta kegiatan ini melibatkan Pemerintah Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung, serta Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sejumlah 36 orang ( 22 Laki/ 14 Perempuan). Pelatihan penyusunan ini dilaksanakan di Desa Sembalun Bumbung, tepatnya di Aula Koperasi Putri Rinjani Syariah. Proses pelatihan berjalan sangat interaktif, masing-masing komunitas mendiskusikan kaitan dengan kapasitas dan kerentanan di level desa serta melakukan pemetaan solusinya.

 

Kegiatan pelatihan ini difasilitasi oleh Dr. Moh. Taqiuddin dan Abidin Tuarita. Proses pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami, meningkatkan kapasitas dan bisa menghasilkan luaran dalam bentuk penyusunan dokumen Rencana Aksi Komunitas Tim Siaga Bencana Desa (RAK-TSBD) yang akan berfungsi untuk menjadi pedoman TSBD dalam mengoperasionalisasikan agenda-agenda yang kaitannya dengan pengurangan risiko bencana. Di sisi lain, setelah RAK-TSBD ini dihasilkan, komunitas TSBD dapat bekerjasama dengan pemerintah desa dalam proses penanggulangan bencana dan menjadi rencana usulan dalam musyawarah rencana pembangunan desa.

 

Written by: Rizwan Rizkiandi

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!