WORKSHOP INISIASI RENCANA AKSI DAERAH ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM (RAD-API) KABUPATEN LOMBOK TIMUR

WORKSHOP INISIASI RENCANA AKSI DAERAH ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM (RAD-API) KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Selong (14/12/2020), KONSEPSI NTB dan OXFAM bersama ANCP (Australian NGO Corporation) di Indonesia atas dukungan DFAT (Australian Goverment Departement of Foreign Affair and Trade) akan memfasilitasi kegiatan Workshop Inisiasi Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD-API) di Level Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini merupakan upaya merespons perkembangan isu perubahan iklim yang terjadi secara global dan merupakan salah satu masalah yang cukup mengancam ketahanan penghidupan masyarakat secara luas. Perubahan Iklim yang di dalam Program Indonesian Climate Disaster and Resilience Communities (ICDRC) merupakan salah satu focus dalam implementasi kegiatan melalui perspektif Climate Smart Disaster Risk Management (CSDRM) yakni pendekatan dalam upaya adaptasi perubahan iklim guna meningkatkan ketangguhan dan penghidupan yang berkelanjutan bagi masyarakat.

 

Kegiatan ini melibatkan para pihak, yakni organisasi pemerintah daerah Kabupaten Lombok Timur, perguruan tinggi/ akademisi, dan organisasi kemasyarakatan serta pihak swasta. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas pemahaman peserta kaitan dengan perubahan iklim dan urgensi pentingnya Rencana Aksi Daerah (RAD) tentang perubahan iklim di level kabupaten. Selain itu, adanya Kelompok Kerja Adaptasi Perubahan Iklim (Pokja API) yang terbentuk pada tahun 2019 merupakan leading sector dalam rangka proses inisiasi RAD API di tingkat Kabupaten Lombok Timur.

 

Pada proses workshop ini, Kepala BAPPEDA Kabupaten Lombok Timur dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lombok Timur menjadi fasilitator kaitan dengan isu perubahan iklim, perkembangannya dan pentingnya RAD API sebagai komitmen bersama kalangan untuk menghadapi masalah perubahan iklim. Harapannya dari kegiatan ini adalah para pihak mampu memiliki satu pemahaman utuh secara kolektif dan berkomitmen untuk bersama-sama dalam menyusun RAD API ini sebagai tindak lanjut kegiatan workshop. Sehingga kedepan untuk mempercepat proses terbitnya Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD API) ini maka akan dibentuk sebuah tim kecil yang kan bertugas untuk menyusun dokumen rencana aksi tersebut. Lebih jauh, para pihak merespons upaya untuk RAD API bisa terbentuk dan secara tegas akan bersama untuk menjalankan kerja-kerja yang menyangkut adaptasi perubahan iklim di tingkat Kabupaten Lombok Timur.

 

Written by Rizwan Rizkiandi

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!