Tingkatkan Ketangguhan Masyarakat, KONSEPSI Laksanakan Pelatihan Respons Bencana bagi TSBD

Lombok Timur – KONSEPSI NTB dan OXFAM bersama ANCP (Australian NGO Corporation) di Indonesia atas dukungan DFAT (Australian Goverment Departement of Foreign Affair and Trade) memfasilitasi kegiatan Pelatihan Respons Bencana Bagi Tim Siaga Bencana Desa Untuk Pengurangan Risiko Bencana Level Desa. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yang berlokasi di Sekolah Alam Rinjani (SAR) Sembalun. Tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang skema respons bencana bagi tim siaga bencana desa (TSBD) di Desa Sembalun Bumbung dan Desa Sembalun Lawang. Kedua, memperkuat kapasitas kelembagaan sebagai langkah regenerasi tim siaga bencana desa (TSBD), dan ketiga sebagai upaya meningkatkan kemampuan praktik respons bencana pada tim siaga bencana desa (TSBD) di Desa Sembalun Bumbung dan Desa Sembalun Lawang.

 

Pelatihan respons bencana ini merupakan langkah KONSEPSI NTB dan OXFAM dalam komitmen untuk membangun ketangguhan masyarakat berbasis komunitas pada daerah rawan bencana. Kawasan Sembalun sebagai daerah yang rawan bencana dan jelas akan menimbulkan kerentanan bagi keberlanjutan penghidupan serta risiko keselamatan masyarakat. Melalui Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) yang berada di 2 desa dampingan, Desa Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang yang telah berusia 11 tahun sehingga perlu untuk terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan agar dapat berperan secara aktif di level desa untuk terlibat dalam pengurangan risiko bencana. Sehingga harapan di masa akan datang, akan terbentuk desa tangguh bencana (Destana) yang mampu melaksanakan langkah mitigasi dan adaptasi di tengah ancaman bencana yang komplekas di wilayah Sembalun.

 

Kegiatan ini melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Lombok Timur sebagai leading sector penanggulangan bencana di level daerah serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kab. Lombok Timur yang terlibat sebagai fasilitator dalam pelaksanaan peningkatan kapasitas Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang. Dalam pelaksanaan pelatihan respons bencana ini, KONSEPSI NTB juga melaksanakan proses simulasi bencana banjir bagi TSBD Muda yang berpartisipasi sebagai peserta dalam pelatihan sehingga mampu memiliki gambaran ketika di masa gawat darurat dan lebih siap dalam merespons bencana yang satu waktu terjadi di level desa. Senin (04/10/2021)

 

Written by : Rizwan Rizkiandi

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!