KONSEPSI Gelar Diskusi Indikator Verifikasi STBM di Lombok Tengah

KONSEPSI Gelar Diskusi Indikator Verifikasi STBM di Lombok Tengah

Bertempat di Hotel Grand Royal Batu Praya, Senin 3 Agustus 2020, Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) bersama Yayasan PLAN Internasional Indonesia (YPII) menggelar Diskusi Indikator Verifikasi STBM. Tujuan kegiatan Diskusi Indikator Verifikasi STBM ini adalah untuk menyepakati indikator dalam proses  Verifikasi menuju deklarasi  desa atau kelurahan ODF /STBM.Kegiatan Verifikasi STBM sendiri rencananya akan digelar di 19 Desa Pilot Project Program WINNER di Kabupaten Lombok Tengah.

 

Sri Mulyana (Kabid DPMD Lombok Tengah) dalam pembukaan kegiatan  menyampaikan bahwa melalui kegiatan diskusi ini diharapkan  indikator verifikasi desa ODF dan STBM. ini bisa mempermudah desa atau kelurahan  khususnya yang menjadi lokasi pendampingan WINNER Project untuk memenuhi persyaratan menuju deklarasi Desa ODF atau STBM. Saat ini di Kabupaten Lombok Tengah sudah ada 76 desa ODF dan 4 kecamatan berkategori Kecamatan ODF.  Melalui program WINNER ini diharapkan akan ada penambahan desa maupun kecamatan yang berstatus ODF maupun STBM.

 

Sementara Direktur KONSEPSI Dr. Moh Taqiuddin dalam pengantar kegiatan menyampaikan bahwa desa – desa yang sudah melakukan Verifikasi Data STBM dan layak untuk melakukan deklarasi ODF maupun STBM untuk mempersiapkan diri karena hal ini berkaitan dengan pencapaian Kabupaten Lombok Tengah sebagai Kabupaten ODF 2020. Lombok Tengah sendiri merupakan Kabupaten yang banyak destinasi wisatanya, dan tentunya harus memastikan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat untuk layanan para wisatawan serta  sebagai bagian dari tatanan New Normal yang saat ini sedang gencar dikampayekan terkait dengan merebaknya Pandemi COVID 19 saat ini”

 

Hadir dalam pertemuan tersebut, Perwakilan dari Bappeda Lombok Tengah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kesehatan, serta 18 Sanitarian dari 18 Puskesmas di wilayah Program WINNER di Lombok Tengah.

 

Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) dengan dukungan Yayasan Plan International Indonesia (YPII) berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan melalui Program Water and Sanitation Hyegene (WASH) melalui Women and Disability Inclusive WASH and Nutrition (WINNER) Project. Project yang didalamnya  mencakup berbagai kegiatan untuk mendukung Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan Nutrisi melalui pendekatan parenting dengan melibatkan ECCD Center di Kabupaten Lombok Tengah. Salah satunya adalah dengan mendorong pencapaian desa berstatus ODF maupun STBM khususnya di wilayah  dampingan WINNER Project guna mencapai Kabupaten Lombok Tengah sebagai Kabupaten ODF 2020. WINNER Project dilaksanakan di 24 desa di 12 Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah

 

Tindak lanjut dari kegiatan diskusi ini diantaranya adalah akan diadakan pertemuan internal dengan Dinas Kesehatan Lombok Tengah terkait dengan revisi indikator verifikasi STBM ini. Kemudian akan diadakan coaching tata cara verifikasi STBM dengan melibatkan Dinas Kesehatan, PKM, pihak Kecamatan, Pemerintah Desa dan  Kader kesehatan desa. Coaching  akan dilaksanakan dengan metode roadshow di tingkat kecamatan, khususnya pada desa – desa yang sudah mengajukan surat permohonan verifikasi STBM ke PKM setempat. Pelaksanaan coaching akan dibagi menjadi 3 kluster disesuaikan dengan wilayah dampingan WINNER Project. Kegiatan tersebut kemudian akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan verifikasi STBM di desa – desa yang sudah mengajukan permohonan verifikasi.

 

Written by Zulkifli
Editor Eko Krismantono

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!