Konsorsium KONSEPSI NTB dan Mitra Samya Latih UMK untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19

Konsorsium KONSEPSI NTB dan Mitra Samya Latih UMK untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19

Isu pemberdayaan ekonomi rumah tangga bagi para pelaku usaha mikro kecil pedesaan yang terdampak Covid-19 merupakan salah satu fokus intervensi Konsorsium KONSEPSI dan Mitra Samya melalui Program SIAP SIAGA, sebuah kemitraan antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia. Pilihan intervensi itu sangat erat kaitannya dengan tujuan utama program yakni membangun ketangguhan komunitas terhadap bencana dan pemulihan ekonomi yang berkelanjutan.

 

Penyiapan kapasitas dan keterampilan bagi para pelaku usaha mikro kecil pedesaan sangat penting sebagai sebuah model pendekatan pembangunan ekonomi pedesaan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Konsorsium KONSEPSI NTB dan Mitra Samya melatih pelaku usaha mikro kecil di empat desa dampingan yakni Desa Pemenang Barat dan Desa Malaka di Kabupaten Lombok Utara, Desa Tumpak dan Desa Selong Belanak di Kabupaten Lombok Tengah.

 

Pelatihan itu diawali dari dua desa yang berada di Kabupaten Lombok Utara dengan melibatkan 15 orang terdiri dari: rumah tangga perempuan dan kelompok disabilitas. Mereka dilatih untuk membuat produk VCO oleh tenaga ahli dari Kubinov Universitas Mataram selama tiga hari mulai dari tanggal 28-30 Juli 2022 bertempat di Desa Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara.

 

Hairul Anwar, selaku Program Manager Konsorsium berharap dengan dilatihnya rumah tangga perempuan dan kelompok disabilitas yang tergabung dalam usaha mikro kecil ini dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya ekonomi pedesaan di tengah ancaman Covid-19.

 

“Kami berharap kelompok usaha mikro kecil untuk produk VCO ini dapat menjadi model usaha berbasis potensi lokal desa yang adaptif terhadap Covid-19”, harapnya.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!