Monitoring & Evaluasi Perkembangan Respons Covid-1

Monitoring & Evaluasi Perkembangan Respons Covid-1

Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) NTB melakukan kegiatan Monitoring dan evaluasi perkembangan Respons Covid-19 pada Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) yang berada di 2 Desa, yakni Desa Sembalun Bumbung dan Desa Sembalun Lawang Lombok Timur. Kegiatan monitoring ini dilakukan oleh Tim Program ICDRC KONSEPSI NTB dalam rangka melihat sejauh mana perkembangan TSBD melakukan proses aktivitas respon guna pencegahan pandemic covid-19 di level desa. Proses monitoring dan evaluasi ini dilakukan melalui diskusi terbatas dengan melibatkan perwakilan pengurus TSBD di masing – masing desa dan dilaksanakan di Desa Sembalun Bumbung.

 

Kegiatan dilakukan untuk mengevaluasi terkait proses pelaksanaan respons di lapangan guna mengoptimalkan aktivitas TSBD dari sisi standar keamanan kesehatan dalam menghadapi pandemik covid-19. Beberapa aktivitas yang dilakukan TSBD di 2 desa yang menyangkut respons covid-19 adalah melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala setiap 2 kali dalam 1 minggu di setiap dusun, tempat fasilitas umum seperti tempat ibadah, pasar, dan lainnya. Proses sosialisasi dalam rangka edukasi masyarakat mengenai cara penggunaan masker, cuci tangan yang bersih, memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan serta menempel flayer tentang pencegahan covid-19 di 125 rumah tangga/KK dengan sasaran kelompok rentan. TSBD juga terlibat dalam melakukan penjagaan di akses pintu keluar masuk perbatasan ke Kecamatan Sembalun, guna pemeriksaan bagi setiap orang yang memasuki wilayah Sembalun.

 

Proses monev ini juga untuk melihat tanggapan TSBD menyangkut dukungan logistic respons covid-19 yang difasilitasi oleh KONSEPSI NTB dan Oxfam atas dukungan Australia Government Departemen Foreign Affairs and Trade (DFAT). Dalam diskusi ini perwakilan TSBD juga memaparkan tanggapan masyarakat yang merasakan manfaat dari kegiatan yang dilakukan oleh TSBD di Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung. Selain itu juga TSBD memberikan penjelasan terkait adanya rencana  Pemerintah Daerah Lombok Timur untuk membuka akses untuk umum ke Kecamatan Sembalun sebagai lokasi pariwisata. Oleh sebab itu TSBD merencanakan untuk melakukan advokasi kepada pemerintah desa dan Pemerintah Kecamatan Sembalun agar bisa memberikan jaminan keamanan dan keselamatan kepada masyarakat Sembalun khususnya terkait dengan pencegahan penyebaran dan penanggulangan COVID 19 ini.

 

Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung melalui salah satu pengurusnya menyampaikan rasa terimakasih setinggi-tingginya atas bantuan logistik sehingga bisa melaksanakan kegiatan pencegahan covid-19 di level desa. KONSEPSI NTB dan OXFAM diharapkan terus memberikan dukungan secara konsisten terhadap kebutuhan masyarakat dan mendampingi komunitas dalam menyelesaikan permasalahan yang menyangkut kebencanaan di kawasan ini. Selain itu juga diharapkan  bentuk- bentuk dukungan lainnya untuk mendukung keberlangsungan ketahanan dan penghidupan masyarakat desa, khususnya di Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang.

 

Written by: Rizwan Rizkiandi
Editor: Eko Krismantono

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!