TPOA dan Caritas Germany Lakukan Monitoring dan Evaluasi di Desa Tangguh Bencana Dampingan KONSEPSI NTB

TPOA dan Caritas Germany Lakukan Monitoring dan Evaluasi di Desa Tangguh Bencana Dampingan KONSEPSI NTB

Setelah dua tahun pelaksanaan Program Desa Tangguh Bencana yang dilaksanakan oleh KONSEPSI NTB di 11 desa dampingan di Pulau Lombok, Tim Perizinan Organisasi Asing (TPOA) dan Caritas Germany melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) untuk melihat pencapaian program selama 2 tahun. Kunjungan lapangan di desa-desa lokasi program dilaksanakan mulai dari tanggal 8-9 Juni 2022.

 

Di hari pertama, TPOA yang terdiri dari lintas kementerian dan Caritas Germany melakukan Monev di desa-desa dampingan KONSEPSI yang berada di Kabupaten Lombok Utara terdiri dari: Desa Pemenang Barat, Desa Akar Akar, Desa Andalan, Desa Gunjan Asri, dan Desa Sambik Elen.

 

Kepala Kantor Caritas Germany, Cipto Leksono dalam sambutannya menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya untuk melihat pencapaian, manfaat, dan tantangan yang dihadapi oleh desa-desa setelah diintervensi program.

 

“Kami berharap Bapak/Ibu melalui kegiatan ini dapat banyak bercerita tentang pencapaian dan tantangan apa saja yang dihadapi oleh desa selama pelaksanaan program ini”, katanya.

 

Lebih lanjut, Ia juga berharap kehadiran TPOA dapat memberikan saran dan masukan kepada desa-desa dampingan dalam membangun ketangguhan, termasuk untuk mendorong penguatan regulasi maupun kelembagaan.

 

Sementara itu, Akarman selaku Kepala Desa Akar Akar menjelaskan manfaat yang dirasakan setelah proses intervensi program. Menurutnya, lahirnya Peraturan Bersama Kepala Desa tentang Kerjasama Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Kawasan merupakan salah satu dampak positif dari proses pendampingan Program Destana yang dilakukan oleh KONSEPSI NTB dan Caritas Germany.

 

“Program ini telah membantu kami di 3 desa kawasan untuk menyusun dan mengesahkan Perma sebagai dasar hukum kerjasama 3 desa dalam menangani gempa bumi, kekeringan, dan krisis air bersih. Hal ini sudah kami rasakan manfaatnya”, ucapnya.

 

Selain itu, kunjungan Monev juga dilakukan di desa-desa dampingan KONSEPSI yang berada di Kabupaten Lombok Timur yakni Desa Pesanggrahan, Desa Kembang Kerang Daya, dan Desa Obel-Obel. Seusai dari Lombok Timur, TPOA dan Caritas Germany melakukan Monev terakhir di Kabupaten Lombok Tengah untuk Desa Sengkol dan Desa Mertak.

 

Writtern by Hendra Puji Saputra

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!