TSBD Ini Keliling Kampung Kampanye Mitigasi Bencana

TSBD Ini Keliling Kampung Kampanye Mitigasi Bencana

KONSEPSI – Aksi unik yang dilakukan oleh sekelompok pemuda di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara yang tergabung sebagai relawan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD). Mereka berkeliling kampung untuk melakukan kampanye terkait langkah mitigasi bencana.

 

Pengurus TSBD Pemenang Barat sengaja untuk berkeliling dari rumah ke rumah warga yang dihuni lansia dan disabilitas sambil membawa poster sebagai alat peraga kampanye kebencanaan.

 

“Iya hari ini. Sasarannya ke kelompok disabilitas. Di Dusun Karang Gelebeg, Karang Subagan, Telagawareng, Karang Pangsor, Mekarsari,” kata relawan TSBD Pemenang Barat, Dimas Teguh Riswanda, Rabu (2/11/2022).

 

“Di Dusun Teluk Kombal juga saya lupa. Di Karang Desa juga,” sambung Dimas menjelaskan lokasi dusun tempatnya melakukan kampanye bersama dengan Lalu Syamsul Hadi.

 

Materi kampanye yang disosialisasikan kepada warga adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan sikap warga dalam menghadapi bencana non alam semacam pandemi Covid-19.

 

“Iya, bagaimana ketika sebelum terjadinya bencana gempabumi ikutan tsunami. Materi gempabumi susulan tsunami dan pandemi Covid,” ungkap Dimas.

 

Selain berkeliling dari rumah ke rumah warga, TSBD Pemenang Barat juga melakukan sosialisasi bencana dengan cara mengumpulkan warga di satu tempat.

 

“Kalau yang kelompok disabilitas kita dari rumah ke rumah. Kalau yang lansia dan ibu-ibu hamil, caranya kita mengumpulkan. Yang ibu-ibu hamil ketika jadwal Posyandu, kalau yang lansia itu juga kami sosialisasikan saat pembagian BLT di Kantor Desa Pemenang Barat,” jelasnya.

 

Untuk diketahui, saat ini KONSEPSI sedang mengimplementasikan beberapa program terkait penanggulangan bencana secara inklusif. Pendampingan juga dilakukan ke beberapa komunitas rentan yang ada di desa sasaran program.*

 

Pewarta: Hari
Keterangan Foto: Relawan TSBD melakukan sosialisasi mitigasi kebencanaan di Pemenang Barat.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Berita lainnya

Berita Terbaru

Berita Popular

Berlangganan Berita Kami

Dapatkan Update Berita dan Belajar Bersama Kami

Having Computer issues?

Get Free Diagnostic and Estimate From Computer Specialist!